1 Alat Berat /Cabup , Cepat Penderitaan Rakyat Ini Berakhir

Estimated read time 3 min read

Sidikalang- Dairi Pers : Ketua  Koordinator Wilayah PAMK Poldasu Bishop Pdt Rev Dr Esron Marpaung MTH menyampaikan rasa prihatin atas sejumlah bencana dan longsoran yang terjadi di kabupaten Dairi. Hampir semua jalan jalan di desa dan kecamatan di Dairi  terkena bencana longsor atau badan jalan longsor. “ Andai saja satu paslon Bupati Dairi memberikan bantuan 1 unit alat berat maka akan ada 5 alat yang bisa cepat menormalkan transportasi ke desa  yang  terisolasi.

Bishop GKRK Pdt Rev Dr Esron Marpaung MTH itu menyebutkan memasuki oktober hingga kini mendung dan hujan pada sore hari terus terusan terjadi di Dairi. Akibatnya sejumlah longsor terjadi . “ Hampir semua jalan kabupaten menuju Sidikalang terkena longsor. Terberat  daerah Gunung Sitember  dan Tanah Pinem. Parbuluan bahkan jalan negara putus di Parbuluan IV. Coba jalan alternatif dari PLTA juga longsor. Ini benar benar berat, Jelasnya.

Disebutkan longsor juga terjadi antara Sumbul ke Tiga baru, Simpang silalahi ke kecamatan Silahi sabungan. Dan masih banyak longsoran antar desa yang terjadi.

Marpaung menyebutkan kondisi alam yang tidak bersahabat itu sudah pada tahap membuat pemkab Dairi kewalahan karena kekurangan  alat berat . “ Saya tidak tahu berapa banyak alat berat dozer atau excavator milik pemkab Dairi. Namun yang saya lihat satu alat berat excavator tengah berkerja di daerah Tanah pinem.  Tiba tiba longsoran jalan menutupi  jalan alternative PLTA terpaksa alat yang ada di Tanah Pinem dipindhakan ke jalan PLTA. Ini benar benar membuat pemkab Dairi sangat kewalahan” jelas Marpaung.

Sungguh melihat kondisi yang tidak bersahabat ini sementara  alat pemkab Dairi sangat terbatas andai saja setiap paslon Bupati Dairi yang kini berlaga mau menurunkan satu unit alat berat saja per paslon maka keterisolasian warga akibat longsor dapat cepat teratasi. “ Kan ada 5 paslon silahkan saja pasangi di alat berat itu stiker paslon tidak masalah karena perlu juga masyarakat tahu siapa yang memperhatikan mereka disaat sulit” kata Marpaung.

Masyarakat Sudah bosan dengan baligo, spanduk, visi dan misi.  Justru saat beginilah tunjukkan kerakyat apa yang bisa diperbuat. Jangan menunggu setelah menang. Saya percaya rakyat juga kan menilai itu mana calon Bupati yang bisa diperrcaya atau hanya pintar bicara. “ Kalau langsung menurunkan alat berat meski itu disewa  atau apa saja pasti rakyat akan menilai itu. Jangan lupa simpati awalnya dari pujian, dibuktikan dengan kenyataan  dan memang benar berbuat maka akan timbul simpati. Tidak ada yang instan  karena uang sekian besar lanntas rakyat memilih mereka. Namun ada tahapan dan proses. Kenal, lihat track record dan mau berbuat pasti lebih diutamakan rakyat . Itulah pandangan rakyat akan 5 cabup Dairi ini , Pungkasnya. (Hen)

Anda Mungkin Suka

Berita Lain

+ There are no comments

Add yours