Ini Permintaan Warga Kaban Dollong  Kepada Danjor Bintang

Estimated read time 2 min read

Sidikalang- Dairi Pers : Kerusakan infrastruktur jalan dan Sulitnya ekonomi menjadi keluhan paling sering dilontarkan warga desa di Dairi kepada paslon Danjor Bintang. Kerusakan jalan terus terjadi  didaerah daeah yang dikunjungi sedang sulitnya ekonomi yang dikeluhkan mulai mendapatkan pupuk bersubsidi yang tepat waktu hingga harga panen biasanya anjlok saat panen. “ Nanti ada program kita memperkuat ekonomi kerakyatan dan kita uji coba menjadi pilot proyek dibidang pertanian”

Calon wakil Bupati Dairi Azhar Bintang yang berpasangan dengan Danjor Nababan dalam kampanye hingga silaturahmi kepada warga membenarkan keluhan itu selalu muncul . “ Hampir semua warga di daerah yang kita kunjungi mengeluhkan infrastruktur jalan yang rusak. Selanjutnya persoalan ekonomi kerakyatan mulai dari sulitnya mengakses pupuk bersubsidi saat musim tanam hingga harga panen petani yang anjlok . Masalah petani ini sudah lama terjadi dan itu membutuhkan penanganan yang terpadu. Benar benar fokus paling utama adalah pengawasan. Banyak program yang sebenarnya baik namun karena lemah pengawasan dan tidak ada target membuat program menjadi gagal.” jelas Azhar.

Di depan warga Desa Kaban Dollong kecamatan Lae Parira, Kab Dairi Rabu (9/10/2024) cawabup Azhar Bintanng awalnya menanyakan jumlah tabungan keluarga yang ada. Namun tak satupun mengaku mempunyai tabungan hingga 25 juta. Bahkan untuk tabungan Rp. 5 juta sangat jarang.

Cawabup yang diusung partai Gerindra dan Nasdem  itu menguraikan jika Danjor Bintang mendapat amanah dari rakyat Dairi maka salah satu program unggulan untuk penguatan ekonomi kerakyatan yakni akan membuat regulasi diawal  untuk membantu sejumlah orang per desa . Dimisalkan sebanyak 10 orang per desa maka pemerintah memberikan bantuan bibit hingga pupuk. Nantinya hasil panen tidak dikembalikan ke pemerintah namun menjadi tabungan pribadi dan menjadi modal berkelanjutan.

Azhar menegaskan program demikian memerlukan pengawasan yang benar benar ketat dari pemerintah. Sehingga sejak bibit hingga panen tetap dipantau. Biasanya kegagalan karena tidak ada pengawasan , jelasnya.  Pun demikian Azhar menyampaikan semua itu akan diatur dengan regulasi dan program bergantian dengan orang berbeda di tahun berikutnya. Program itu akan menjadi pilot percontohan bagaimana memperbaiki ekonomi masyarakat.

Sementara itu warga Kaban Dollong yang bersilaturahmi dengan cawabup Nomor 3 itu  mengakui perlunya pengelolaan terpadu di bidang pertanian. Mulai dari bibit hingga panen. Persoalan pemasaran dengan harga anjlok juga masih terus menjadi momok menakutkan kepada para petani.

Warga meminta Danjor Bintang saat memimpin Dairi agar tetap komit dengan janji kampanye. Dan Mengingat warga desa yang benar benar rindu dengan pemimpin yang jujur dan pro rakyat . (Hen)

Anda Mungkin Suka

Berita Lain

+ There are no comments

Add yours