Azhar Bintang Diberangkatkan Tradisi Kearifan Lokal “Mergraha”

Estimated read time 3 min read

Sidikalang- Dairi Pers : Pelepasan Azhar Bintang meraih  kursi Wakil Bupati Dairi 2024 dilakukan dengan nilai nilai kearifan local adat istiadat Pakpak “ Mergraha”   Sabtu (21/9/2024) . Calon wakil Bupati yang berpasangan dengan Danjor Nababan itu diberangkatkan dengan Doa dari “Kula kula” dari Marga Sagala  bertempat di kediaman Azhar Bintang jalan  Ujung Sidikalang, Dairi. Tampak hadir mantan wakil Bupati Dairi dua periode Irwansyah Pasi  bersama istrinya yang merupakan kerabat keluarga Azhar Bintang .

Pemberangkatan Azhar Bintang didampingi istri Lilis Suryani Sagala dengan doa dan makanan khas Tanah  Pakpak “pelleng” disampaikan dalam tatanan kalimat dan doa kemenangan nanti Mergraha ( Berjuang)  di pilkada Dairi 2024. Tampak hadir memberikan restu dan doa yakni kula kula  Rahdin Sagala , Enmo Sagala ,Sejumlah Dengngan Tubuh  dan dari Naimarata.

Tampak juga  Tokoh Pakpak Dairi Raja Ardin Ujung, Tokoh Sipitu Marga Dairi, utusan OKP dan Ormas serta keluarga besar Azhar Bintang.

Raja Ardin Ujung menyebutkan bagi Masyarakat Pakpak  ada kearifan local  dalam adat istiadat agar mendapat restu Tuhan yang Maha Kuasa, Para leluhur , sanak keluarga hingga menjaga semangat  para pendukung dalam perjuangan mencapai sebuah Target dengan makan Bersama seraya penyampaian saran dan doa.  “ Inshaallah mereka yang tetap menjaga dan menghormati ritual adat istiadat itu dalam mencapai tujuan biasanya akan terkabul. Intinya adalah menghormati leluhur dan tetap bersatu, menjaga silaturahmi dan menjaga persatuan sehingga Tangguh dan kompak dalam berjuang” Sebuat Ujung.

Sementara itu Calon wakil Bupati Dairi yang diusung Partai Gerindra dan Nasdem itu menyampaikan sambutan sedikit berkelakar namun fakta . “Teringat Pilpres silam kalau banyakyang  menghardik  Prabowo Subianto terus terusan calon presiden namun kalah. Banyak yang membully beliau di medsos . Namun pilpres silam beliau memang telak. “ Tah bagi ngo nan nasibku…” sebut Azhar yang disambut tertawa dan Suasana riuh kerabat yang hadir mengucap amin.

Selasai Dengan Diri Sendiri

Azhar Bintang yang pengusaha took roti Lestari itu menyampaikan sungguh dirinya Bersama istri Lilis S Br Sagala sudah selesai dengan diri sendiri. “ Anak kami hanya satu , Tamat sarjana dan kini sudah bekerja. Sungguh tidak repot lagi kami memikirkan banyak hal tentang anak . Sehngga kami bisa memikirkan kepetingan lebih luas lagi kemaslahatan ummat. Berguna bagi banyak orang dan  keringinan besar mencatat sejarah ada sipitu marga bis amenjadi pemimpin di tanah leluhurnya.” Sebut Azhar yang mengenakan topi kebesaran dalam adat Pakpak.

Namun demikian mantan anggota DPRD Dairi ini menyebutkan semua dikembalikan kepada Sang Pencipta ketika upaya dan kerja keras semua pihak telah dilakukan. Karena memang hasil tidak akan menghianati usaha. Maka kali ini kekuatan solid tim Danjor Bintang terus berjibaku dilapangan. Menyakinkan kebersamaan dan Tentunya ingin rakyat Dairi lebih baik ke depan disegala bidang, pungkasnya (Hen)

Anda Mungkin Suka

Berita Lain

+ There are no comments

Add yours