Danjor Bintang Programkan “ Dairi Food Free Day ”

Estimated read time 4 min read

Sidikalang- Dairi Pers : Pasangan Cabup nomor urut 3 Danjor Nababan – Azhar bintang akan menghadirkan salah satu program adalannya “ Dairi  Food Free Day” . Ada satu hari dalam seminggu nanti para pelaku UMKM seperti pedagang sate, mi gomak, bubur, mi  balap, mi ayam, misop, nasi gurih, lontong, dan penjual minuman ringan  dikumpulkan di salah satu lokasi atau jalan . Dagangannya Sudah kita bayar. Siapapun rakyat yang datang silahkan makan gratis.

Calon wakil Bupati Azahar Bintang yang diwawancarai Dairi Pers di rumahnya Minggu (12/10/2024) menguraikan dirinya berangkat dari pedagang kecil yang masuk dalam UMKM sebagai toko kue. Jadi baginya  faham betul apa yang diinginkan pelaku pelaku UMKM. “ Pelaku UMKM di Dairi tidak boleh lagi sekedar pelatihan pelatihan saja namun harus diberikan pasar. Kalau hanya sekedar sosialisasi dan pelatihan yakinlah itu hanya legitimasi penggunaan anggaran negara saja. Manfaatnya tidak langsung kontan.” Sebut Azhar

Cawabup Azhar Bintang menerangkan konsep ” Dairi Food Free Day”

Ditanya dana yang akan digunakan untuk  pembiayaan rencana makan gratis sekali seminggu itu diuraikan Azhar Bintang program ini diawal tidak harus dari APBD . Kalau kita mau pasti bisa . “ Kalau saya dan istri sudah diskusi kelak jika terpilih maka salah satu cara bersyukur dan bersedekah sepakat sebahagian anggaran rumah tangga wakil Bupati dibagikan ke masyarakat dengan cara Food Free Day. Pedagang UMKM kita panggil selanjutnya dagangannya kita bayar dan silahkan seluruh masyarakat datang untuk menikmati. Disamping menjamin pemasaran dagangan pelaku UMKM yakinlah dengan cara ini silaturahmi sesama warga Dairi akan terjamin. Pejabat dan rakyat bisa duduk Bersama dalam suasana yang tidak harus resmi. Banyak ide dan program hebat itu justru lahir dari pertemuan pertemuan non formal” jelas Azhar.

Azhar menyebutkan program ini harus direalisasi karena manfaatnya sangat luas. “ Pedagang  punya pasar, rakyat bisa silaturahmi dengan sesama dan pemimpinnya . Rakyat bisa bertemu langsung kepala daerahnya. Menyampaikan keluh kesahnya. Maka apa yang terjadi ditengah masyarakat lebih cepat dan akurat diketahui kepala dearah. Sebaliknya ASN sebagai abdi negara tidak bisa lagi bermain main atau nakal dalam bekerja . Karena rakyat bisa datang lagsung melaporkan akan apa yang dialaminya di desa ” jelas Azhar.

Azhar yakin metode ini berdampak luas untuk perbaikan Dairi. “bisa kita bayangkan warga dari desa dan dusun datang untuk menyampaikan keluhannya soal BLT, Bansos, Bedah rumah, pupuk bersubsidi dan semua hal berkaitan dengan hak meraka yang selama ini dirasakan tidak adil. Akan terlihat juga laporan data yang tidak valid penerima bantuan. Dan banyak lagi hal yang akhirnya membuat pemeritahan semakin baik dan diawasi langsung rakyatnya” jelas Azhar

Namun demikian Azhar menyebutan focus ke perputaran ekonomi kerakyatan. prpgram “ Dairi Food Free Day” akan cepat berkembang karena akan muncul pasar baru yang menjadi kesempaatan bagi pelaku pelaku UMKM. Akan muncul pedagang mainan anak anak , penjual baju, kaos . Demikian artis local dan pegiat seni akan muncul menunjukkan kreatifitasnya  karena berkumpulnya  masyarakat.

Tinggal nanti mencari lokasi yang tepat  bisa disekitaran tamrek, sekeliling Gedung nasional atau jalan depan rumah wakil Bupati atau jalan samping balai budaya. Konsepnya kita Sudah ada dan kita sudah perhitungkan secara matang, jelasnya.

Azhar menyebutkan potensi local Dairi sangat luas dalam penguatan ekonomi kerakyatan. “ Sebenarnya bagaimana pemerintah memfasilitasi dan pengawasan saja. Saya salah seorang yang keberatan kalau pedagang durian dilarang berjualan di trotoar Gedung Nasional. Untuk apa dilarang sementara pedagang cari rezeki paling satu atau dua bulan saja musim durian. Kalau Danjor Bintang terpilih itu kita beri izin pemanfaatan sekelinglingnya. Toh didalam juga  sudah digunakan sebagai kantin UMKM. Hanya saja harus tegas atas kebersihan dan sampahnya.

Biarkan rakyat Dairi ini berkembang perekonomiannya . Pemerintah Dairi harus nyata berpihak tidak sekedar tiori tiori . Itu baru ada harapan untuk kemajuan Dairi ini , Pungkas Calon wakil Bupati Yang berpasangan dengan Danjor Nababan tersebut. (Hen)

Anda Mungkin Suka

Berita Lain

+ There are no comments

Add yours