Internasional

Yuni Shara Kenakan Tenun Silahi Sabungan, Ny Romy Mariani Viral

Desainer Merdi Sihombing bersama Luhut Binsar Panjaitan ,Ketua Dekranasda Dairi Ny Romy Mariani ,Bupati Dr. Eddy Berutu dan Yuni Shara kenakan tenun silahi sabungan

Belgia- Dairi Pers : Loncatan sejarah dilakukan ketua Dekranasda Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu membawa tenun ulos Silahi Sabungan go Internasional di Belgia pekan ini. Untuk pertama kali nama Silahi Sabungan Kabupaten Dairi hadir dibenua Eropah dengan rancangan desainer Merdi Sihombing. Dengan kekuatan bahan natural desain tenun yang merupakan hasil bumi Dairi itu Yuni Shara seorang Diva Indonesia turut mengenakan tenunan dari tangan tangan terampil ibu ibu pinggiran Danau toba.

Ketua Dekranasda Dairi Ny Romy Mariani dari Belgia via layanan Whatapp kepada Dairi Pers menyebutkan lelah selama dua bulan bersama dan menyakinkan penenun silahi sabungan rasanya hilang  seketika saat tenun karya ibu ibu Dairi itu diterima masyarakat internasional di Belgia. “Terimakasih untuk desainer Merdi Sihombing bersama pragawati pragawati cantik dunia yang tampil memukau. Kepada PT Inalum . Mba Yuni Shara dan semua yang telah memberikan andil hingga acara tersebut sukses” sebut Ny Romy Mariani

Sesungguhnya alam Dairi itu kaya hasil alam yang dapat dimodifikasi seperti tenunan berbahan ramah lingkungan. Kopi Sidikalang yang kembali kita populerkan di dunia internasional dan masih banyak lagi potensi Dairi yang masih tersembunyi. Promosi dan pangsa pasar internasoinal akan membawa Dairi Unggul dibidang perekonomian. Tentunya kerjasama semua pihak seluruh stake holder Dairi menjadi salah satu alat penentu dalam memberhasilkan program Dairi Unggul dalam harmoni keberagaman, Sebutnya.

Saat ditanyakan apa resep hingga desainer sekelas Merdi Sihombing dapat diyakinkan ketua Dekranasda Dairi hingga diikutkan dalam Eco fashion Indonesia di Belgia dikatakan Ny Romy Mariani justru kekuatannya pada bahan alami yang ramah lingkungan.  Tenunan berasal dari shifon, kulit jeruk nipis, daun ketepang serta bahan lainnya yang didapatkan dari bumi Dairi. Tren Dunia internasional kini justru berkonsep kembali ke alam. Jadi kita hanya memanfaatkan tren itu dan Merdi Sihombing setuju maka kita diberikan kesempatan tampil di even dunia” sebut Ny Romy Mariani.

Sementara itu Yuni Shara pelantun lagu lagu melankolis itu tampil dengan desain menaik mengenakan gaun warna kuning dengan balutan dres coklat muda. Pelantun lagu “ desember kelabu” itu menjadi pusat perhatian karena selama ini lebih dikenal di dunia tarik suara. Justru kini debutnya di dunia fashion malah menampilkan tenunan asli karya ibu ibu pinggiran pantai Silahi Sabungan.

Viral

Sementara itu berita eco fashion indonesia di Belgia yang menampilkan tenun Dairi itu langsung viral di media sosial di Dairi . Dalam 12 jam tayang di facebook terhitung berita tersebut sudah 300 an kali dibagikan. Dan komentar hingga ratusan kali dari pembaca. Sedang like hingga 5000 an.

Hampir seluruh komentar yang tampil memberikan semangat dan dukungan kepada upaya ketua Dekranasda Dairi dalam upayanya mengangkat nama Dairi di internasional. Ucapan terimakasih dan terus semangat hampir seluruhnya disampaikan dalam kolom respon pembaca.

Sementara banyak juga pembaca berharap bidang lain yang merupakan karya anak Dairi juga akan menyusul dipopulerkan Dekranasda sehingga memberikan nilai tambah bagi penggiatnya di Dairi. Mereka berharap kepada ketua Dekranasda Dairi juga akan membentuk komunitas para pelaku UKM hingga saluran marketingnya melalui online.

Pengusaha makanan ringan juga berharap Dekranasda Dairi juga melirik mereka hingga terjalin suatu kumpulan pengusaha asli Dairi tergabung dalam UKM yang dapat menjangkau pasaran internasional seiring perdagangan dunia bebas (Hen)