Yellen mengesampingkan bailout bank Silicon Valley: “Kami tidak akan melakukannya lagi”

Washington – Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan pada hari Minggu bahwa pemerintah federal tidak akan memberikan bailout Bank Lembah SilikonInvestor setelah bank Ditutup secara tiba-tibaTapi regulator keuangan mengatakan mereka “khawatir” tentang dampak pada deposan dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan mereka.

“Selama krisis keuangan, para investor dan pemilik bank-bank besar ditebus,” kata Yellen dalam sebuah wawancara di “Face the Nation” pada hari Minggu. “Dan reformasi yang telah diberlakukan berarti kami tidak akan melakukannya lagi. Tapi kami prihatin dengan para deposan dan kami fokus untuk memenuhi kebutuhan mereka.”

Pada hari Minggu, Departemen Keuangan, Federal Reserve, dan FDIC mengatakan pemerintah akan menjamin simpanan kepada pemegang rekening SVB. “Deposan akan menerima semua uang mereka mulai Senin, 13 Maret. Wajib Pajak tidak akan menanggung kerugian terkait keputusan Silicon Valley Bank,” kata agensi tersebut dalam pernyataan bersama.

Menteri Keuangan Janet Yellen dalam “Face the Nation” pada 12 Maret 2023.

Berita CBS


Federal Reserve pada hari Minggu mengumumkan pembentukan Bank Term Funding Program (BTFP) baru “untuk membantu lembaga penyimpanan yang memenuhi syarat memastikan kemampuan bank untuk memenuhi kebutuhan deposan mereka.” Menurut siaran pers. “Langkah ini akan meningkatkan kemampuan sistem perbankan untuk melindungi simpanan dan memastikan pasokan uang dan kredit ke perekonomian.”

Regulator California menutup bank Silicon Valley pada hari Jumat setelah para deposan bergegas menarik uangnya minggu lalu di tengah kekhawatiran tentang neracanya. Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) ditunjuk sebagai penerima, dan regulator Bekerja untuk mencari tahu Pembeli perusahaan, sebelum kegagalannya, menduduki peringkat ke-16 bank terbesar di Amerika Serikat.

Setelah Washington Mutual gagal pada 2008, kemerosotan perbankan selama 40 tahun membantu sektor teknologi.

Presiden Biden berbicara dengan Gubernur California Gavin Newsom pada hari Sabtu tentang perbankan Silicon Valley dan tanggapan pemerintah federal, dan FDIC berbicara dengan perwakilan kongres California Sabtu malam.

Menyusul kegagalan Silicon Valley Bank, pejabat Departemen Keuangan meminta deposan, banyak dari mereka usaha kecil, dan dia bekerja dengan regulator bank untuk “merancang kebijakan yang sesuai” untuk mengatasi situasi tersebut, tetapi dia menolak. Berikan detail lebih lanjut. Dia mengatakan FDIC sedang mempertimbangkan “berbagai opsi yang tersedia” untuk menstabilkan situasi, termasuk pengambilalihan bank asing.

“Sistem perbankan AS benar-benar aman dan dikapitalisasi dengan baik. Ini tangguh,” katanya. ‚ÄúSetelah krisis keuangan 2008, peraturan baru diberlakukan, pemantauan modal dan likuiditas yang lebih baik, dan itu diuji pada hari-hari awal pandemi dan terbukti tangguh. Jadi orang Amerika dapat memiliki kepercayaan pada keamanan dan kesehatan sistem perbankan kita. “

Namun, penutupan bank Silicon Valley telah memicu ketegangan mengenai apakah hal itu akan mendorong bank kecil dan regional lainnya untuk bergerak. Namun, Yellen mengatakan regulator keuangan sedang bekerja untuk mencegah kejatuhan itu menyebar ke institusi lain.

“Kami ingin memastikan bahwa masalah di satu bank tidak mencemari yang lain,” katanya. “Tujuan pengawasan dan regulasi selalu untuk memastikan bahwa infeksi tidak terjadi.”

Departemen Keuangan, Federal Reserve dan FDIC mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa penutupan bank lain sedang berlangsung. “Kami mengumumkan pengecualian risiko sistematis serupa untuk Signature Bank, New York, New York, yang ditutup hari ini oleh komisi piagam negara bagiannya. Semua deposan lembaga ini akan dibuat utuh. Sebagaimana ditentukan oleh Silicon Valley Bank, tidak. Wajib pajak harus menanggung kerugian,” kata pernyataan itu.

Menyusul penutupan Silicon Valley Bank, FDIC mengatakan telah menciptakan Deposit Insurance National Bank of Santa Clara, yang segera mentransfer simpanan yang diasuransikan dari Silicon Valley Bank. Semua deposan yang diasuransikan akan memiliki akses ke simpanan yang diasuransikan mereka pada Senin pagi, sementara deposan yang tidak diasuransikan akan menerima dividen awal minggu depan, kata FDIC. Karena FDIC menjual aset Silicon Valley Bank, pembayaran dividen di masa mendatang dapat dilakukan kepada deposan yang tidak diasuransikan.

Pada akhir 2022, bank-bank Silicon Valley akan memiliki total aset sekitar $209 miliar dan total simpanan sekitar $174,5 miliar, kata agensi tersebut.

Tetapi lebih dari 85% simpanan Silicon Valley Bank tidak diasuransikan, menurut perkiraan dalam pengajuan peraturan baru-baru ini.

“Kami sangat menyadari masalah deposan,” kata Yellen. “Banyak dari mereka adalah usaha kecil yang mempekerjakan orang di seluruh negeri, dan tentu saja itu menjadi perhatian yang signifikan dan [we’re] Bekerja dengan regulator untuk mengatasi masalah ini.”

READ  Gordon Moore, salah satu pendiri dan mantan ketua Intel, meninggal dunia pada usia 94 tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *