Teknologi

Windows 10 April 2018 Update Rilis Dan Telah Dapat Didownload

Windows 10 April 2018 a.k.a Windows Redstone 4 Build Versi 18.03
Windows 10 April 2018 a.k.a Windows Redstone 4 Build Versi 18.03

Sidikalang – DairiPers : Setelah sempat tertunda beberapa minggu, Microsoft sesuai janji telah merilis Windows Redstone 4 atau yang disebut juga Windows 10 April 2018 pada tanggal 30 April. Setelah pada tahap testing di pengguna Insider dalam beberapa bulan terakhir, akhirnya Microsoft mulai rilis bertahap pada pengguna PC dan tablet Microsoft. Versi kelima dari  Windows 10 menghadirkan beberapa fitur yang cukup menarik dan menjanjikan. Salah satunya sudah mulai bertambahnya native apss yang sudah menggunakan fluent design.

Mengapa tidak disebut Spring Creator Update

Sesuai dengan janji Microsoft untuk menyederhanakan penamaan produknya, akhirnya untuk Redstone 4 ini, Microsoft yang rencana awalnya menggunakan nama Spring Creator Update, merubah nama sistem operasinya ini menjadi Windows 10 April. Jadi pada dasarnya, hanya perbedaan nama saja, dan tidak mengubah atau meniadakan fitur yang sebelumnya ada pada Windows 10 Spring Creator Update

Tidakkah terlambat, saat ini telah Mei ?

Benar, tetapi memang rencananya Microsoft memang akan merilisnya pada beberapa minggu lalu. Tetapi karena disaat akan perilisan, tiba-tiba bug yang cukup parah ditemukan oleh komunitas pengguna Windows Insider, sehingga Microsoft memutuskan membatalkan perilisan, sampai masalah bug ini dapat diperbaiki.

Bagaimana mendapatkannya

Cara yang paling mudah adalah menunggu notifikasi untuk melakukan update. Notifikasi ini akan mulai muncul mulai tanggal 8 Mei. Windows update akan memberikan notifikasi secara bertahap, yang apabila anda memperoleh notifikasim pertanda bahwa sistem yang anda gunakan telah aman untuk diupdate. Apabila anda belum mendapatkannya setelah tanggal 8 Mei, kemungkinan hardware yang anda gunakan masih bermasalah semisal karena driver belum compatible sehingga masih harus menunggu. Microsoft hanya akan menotifikasi user ketika kemungkinan gagal update pada sistem yang anda gunakan sudah minimal atau bila memungkinkan tidak ada.

Tetapi apabila anda sudah sangat menginginkan menggunakan Windows 10 April ini, anda dapat melakukan update mulai 30 April ini secara manual. Anda dapat update, dengan terlebih dahulu download  Windows Update Assitant dari website Microsoft langsung. Setelah anda download, lakukan update, atau simpan iso dari Windows 10 April 18.03. Tetapi ini tidak disarankan anda lakukan pada PC atau Laptop kerja anda, karena kemungkinan gagal masih besar. Sangat disarankan menunggu notifikasi update saja yang dimulai 30 April.

Menggunakan Media Creation Tools, setelah anda install, anda dapat langsung update atau download manual iso Windows 10 April 2018 ini.

Download Iso atau Update Manual Windows 10 April 2018
Download Iso atau Update Manual Windows 10 April 2018

Selain itu apabila anda berlangganan MSDN/VisualStudio, anda juga dapat download sistem operasi tersebut saat ini pada portal VisualStudio/MSDN.

Fitur Baru

Windows 10 April ini cukup menjajikan dari segi fitur yang ditawarkan pada user. Fitur yang paling dinanti selama ini adalah Timeline. Fitur ini akan menggantikan Task View yang biasanya digunakan untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan. Dengan dapatnya disinkronkan antar perangkat, dan dapat menunjukkan aplikasi dan aktivitas pengguna selama 30 hari, tentu ini sangat menarik user untuk segera melakukan update.

Untuk detail fitur baru, akan dibahas pada artikel selanjutnya.

def