Hukum

Warning Dana Covid-19,! Kejatisu Periksa Kadinsos dan Kepala BPKAD

Kantor Walkot Medan

Medan- Dairi Pers : Terkait dugaan tindak pidana penyalahgunaan penggunaan dana bantuan kepada masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang dikelola Pemko Medan Tahun 2020. Tim penyidik khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) memeriksa Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tengku Ahmad Sofyan, dan Kadis Sosial Kota Medan, Endar Sutan Lubis, di Gedung Kantor Kejatisu, Senin (15/6).

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejatisu, Sumanggar Siagian, membenarkan pemeriksaan tersebut.

Dikatakan, Kadis BPKAD Medan Tengku Ahmad Sofyan, diperiksa berdasarkan surat pemanggilan bernomor: R-694/L.2.5/Fd.1/06/2020 tanggal 11 Juni 2020. Ia dimintai keterangan selaku Kordinator Bidang Keuangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) Covid-19 Kota Medan.

 “Benar, hari ini tim penyidik pidana khusus, ada memanggil dua orang yakni dari dinas keuangan dan dinas sosial Kota Medan,” ujar Sumanggar.

Sumanggar menjelaskan, saat ini tim Pidsus Kejatisu masih bekerja mengambil keterangan terkait penyelewangan dana Covid-19 tersebut. “Itu menyangkut adanya dugaan penyimpangan anggaran dana Covid-19, di Kota Medan. Ini masih tahap pengambilan keterangan ,” jelas Sumanggar.

Dikabarkan Tengku Ahmad Sofyan tiba di Kejatisu sekitar pukul 10.20 WIB. Usai mengisi buku tamu, ia kemudian masuk ke ruangan Aspidsus. Namun, saat dimintai tanggapan soal pemeriksaan,   enggan memberikan keterangan lebih jauh.

“Nanti ya. Belum bisa saya jelaskan,” katanya sambil buru-buru masuk ke ruangan Aspidsus. Selang beberapa menit, ia tampak ke luar dari ruang Aspidsus dan menuju ke lantai 3 Gedung Kejatisu.

Sementara Kadis Sosial, Endar Sutan Lubis, diketahui sudah lebih dulu tiba di Kejatisu. Namun, meski sudah ditunggu sejumlah awak media di ruang lobi, ia tak kunjung terlihat ke luar. Namun demikian, staf penerima tamu yang berada di Kejatisu memastikan adanya pemeriksaan atas nama Endar Sutan Lubis.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tengku Ahmad Sofyan yang mendatangi Kantor Adhyaksa Sumut sekira pukul 10.20 WIB dan keluar dari ruangan pemeriksaan hingga pukul 15.00 WIB enggan memberikan komentar terkait pemeriksaan dirinya.

Tengku tidak menjawab pertanyaan media sekaiatn pemanggilannya. Sementara ditangannya terlihat sejumlah berkas hingga bergegas masuk ke mobilnya. Informasi yang diperoleh pemeriksaan keduanya maih dalam tahap penyelidikan. Dimungkinkan sejumlah pihak akan terus diperiksa termasuk OPD oleh kejatisu sekaitan dugaan penggunaan dana Covid 19 untuk kota Medan. (hen)