Lokal

Warga Dairi Binaan Lapas Tanjung Gusta dapat Layanan Jempol Dukcapil Dairi

Layanan Jempol Dukcapil Dairi di LP Tanjungkusta

Medan – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melakukan pelayanan Jemput Bola (Jempol) Administrasi Kependudukan (Adminduk) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta Medan, Jumat (8/10).

Kunjungan pelayanan Jempol tersebut diikuti Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si, Kabid PIAK Simon Tonny Malau, S.Kom, MAP, Hendra Supreddi Simaremare dan Morleon Steven Tambunan.

Kepala Dinas Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam keteranganya  mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakannya di Lapas tersebut merupakan permintaan resmi dari Kepala Lapas Tanjung Kusta Medan untuk lakukan rekam KTP-el terhadap Warga Dairi yang menjadi Warga Binaan Permasyarakatan.

“ada sebanyak delapan Warga Dairi menjadi Warga Binaan Permasyarakatan belum memiliki identitas diri seperti KK dan KTP yang akan dipergunakan untuk mendapatkan program vaksinasi terhadap seluruh warga binaan permasyarakatan di lapas tersebut”, ujarnya.

Dikatakan sehari sebelum berangkat, terlebih dulu dilakukan indetifikasi dan cek warga binaan tersebut ke dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan data konsolidasi yang diharapkan melalui aplikasi tersebut diperoleh data-data kependudukannya.

Setelah dilakukan pengecekan, Tujuh Warga Binaan tidak ditemukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) nya dan satu orang duplikat di Kabupaten Samosir.

“Dari rekam biometrik di lapas dan dari delapan warga tersebut yang diajukan, ternyata dua orang telah bebas bersyarat sehingga hanya lima orang yang dilakukan rekam biometrik”, jelasnya

Melalui pelayanan Jemput Bola tersebut, Dinas Dukcapil berhasil menerbitkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el terhadap Lima Orang Warga Dairi yang menjadi Warga Binaan Permasyarakatan Lapas Tanjung Gusta Medan dan akan membantu menyelesaikan satu orang warga yang duplikat kependudukannya di Kabupaten Samosir.

“Kegiatan jemput bola ini terus dimaksimalkan untuk dapat memenuhi seluruh identitas dan dokumen kependudukan warga. Ini sudah menjadi program prioritas dan unggulan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bekerja untuk wujudkan Dairi Unggul dalam menuntaskan seluruh dokumen warga”, pungkasnya (Erikson Sirait)