Politik

Wakil Ketua DPRD Dairi Sebut Penyusunan RAPBD 2021 Seolah Ecek Ecek, Begini Jawab Bupati

Wanseptember Situmoarang

Sidikalang- Dairi Pers : Sidang DPRD Dalam pembahasan RAPBD 2021 memanas dengan sejumlah masukan dan kritikan. Wakil ketua DPRD Dairi dari fraksi Partai Demokrat Wanseptember Situmorang menyebut seolah-olah penyusunan RAPBD Kabupaten Dairi 2021 ecek-ecek dijawab Bupati Dairi DR Eddy Berutu.

Wanseptember Situmorang menyebut  tidak adanya pemerataan pembangunan, Pemerintah Kabupaten Dairi tidak serius, tidak berjalan dengan maksimal, program yang dicanangkan tidak sesuai prioritas pembangunan, ketidakmaksimalan jajaran struktur Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menerapkan anggaran, ketidaksiapan dalam melengkapi bahan penganggaran, minimnya kehadiran untuk mempertanggungjawabkan anggaran yang telah disusun, dan pernyataan seolah-olah penyusunan RAPBD Kabupaten Dairi 2021 ini ecek-ecek.

Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu dalam nota jawabnnya menerangkan idealnya proses dan tahapan penyusunan RAPBD merupakan proses panjang dari sinkronisasi kebijakan perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah yang dimulai hampir 1 tahun sebelum tahun anggaran yang direncanakan melibatkan pemangku kepentingan mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan sampai kepada pemerintah pusat (nasional).

Diutarakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu didasarkan pada RPJMD, proses dan tahapan penyusunan RAPBD setidaknya mencakup: penyelesaian Musyawarah Desa, penyusunan rancangan awal RKPD, Musrenbang RKPD di tingkat Kecamatan dan Kabupaten, penetapan RKPD, penyusunan KUA/PPAS sampai pada penyusunan RAPBD dan pembahasan bersama antara Pemerintah Kabupaten dengan DPRD. Tentunya proses panjang dengan tahapan-tahapan tersebut bukanlah hal yang ecek-ecek.

Selanjutnya  Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu mengucapkan juga terima kasih kepada Anggota DPR RI Hinca Panjaitan yang sangat concern pada pariwisata di Silahisabungan dan sudah meminta kepada PT.PLN Persero dan pihak lain di pusat untuk melengkapi lampu penerangan jalan dan mudah-mudahan pada Tahun Anggaran 2021 dapat terealisasi.

“Kepada Bapak Djarot Saiful Hidayat kami ucapkan juga terima kasih atas perhatian beliau terhadap program Food Estate Dairi dan bila hal ini terwujud akan menjadi salah satu upaya besar dalam pemulihan ekonomi Dairi akibat Pendemic Covid – 19.

Dikatakan pihaknya sudah berjanji akan berkoordinasi dengan Anggota DPR lainnya juga Kementerian terkait lainnya dalam rencana peremajaan Pasar Sidikalang. Bahkan Beliau sangat menaruh perhatian pada penamaan jalan jalan utama di Kabupaten Dairi dengan penggunaan nama para pahlawan seperti Liberty Manik dan T.B. Simatupang,” ucap Bupati dalam Nota Jawabannya. (Hen)