Lokal

Usai Sholat Id, Warga Muslim Dairi Sembelih Qurban

Ustad Sidebang di mesjid Agung Sidikalang

Sidikalang-Dairi Pers : Pelaksanaan ibadah Idul Adha di kabupaten Dairi berlangsung aman. Idul adha diperingati dalam sholat Id berlangsung di semua mesjid mesjid di Kabupaten Dairi. Usai ibadah sunat itu masyarakat muslim Dairi melaksanakan penyembelihan hewan qurban berupa kambing dan lembu. Secara antusias jemaah di mesjid mesjid menyaksikan penyembelihan qurban dan dagingnya diserahkan kepada jemaah.

Pantauan Dairi Pers pelaksanaan ibadah Idul Adha tahun inti disejumlah mesjid kabupaten Dairi, Dimulai dengan sholat id dan mendengarkan ceramah oleh ustad. Selanjutnya para jemah kembali ke rumah masing masing dan kembali lagi ke mesjid lagi untuk melakukan penyebelihan qurban.

Di mesjid Agung Sidikalang, Kabupaten Dairi Ustad Sidebang menyebutkan hewan qurban tahun ini untuk lembu sebanyak 6 ekor dan kambing 25 ekor. Proses penyembelihan qurban usai sholat id yang dilaksnakan panitia yang sudah dibentuk. Kupon bagi jemaah untuk pengambilan daging qurban telah dibagikan sebelumnya. Direncanakan hewan qurban sudah dapat diambil pemilik kupon pada tengah hari hingga jelang Ashar.

suasana penyembelihan hewan qurban di mesjid Telaga zam zam sidikalang

Semua hewan qurban berasal dari jemaah mesjid agung sedang satu ekor lembu berasal dan kegubernuran Medan.

Sementara itu di mesjid Telaga Zam Zam Sidikalang, Dairi penyembelihan qurban dilakukan usai sholat id. Di mesjid ini sebanyak 7 ekor lembu dan 9 kambing disembelih oleh panitia qurban mesjid. Sabirin Marbun salah seorang panitia menyebutkan sebagaimana biasa hewan qurban lebih dahulu diserahkan pemilik niat untuk selanjutnya disembelih.

Selanjutnya pekerjaan pemotongan hewan dilakukan bersama hingga seluruh daging selesai. Diperkirakan pembagian hewan qurban usai Zuhur. Pengambilan daging qurban juga melalui kupon yang telah dibagikan beberapa hari sebelumnya.

Penyebelihan hewan qurban merata dilakukan oleh mesjid di Dairi. Sedang di Polres Dairi juga dilakukan penyebelihan hewan qurban berupa lembu dan kambing. Di polres Dairi penyebelihan hewan qurban sudah rutin usai sholat id.

Sementara itu meski idul adha tahun ini tepat pada hari minggu aktifitas ibadah dua agama ini di Dairi berjalan lancar. Mesjid dan gereja dijaga aparat polres Dairi. Aktifitas ibadah kedua agama ini berjalan lancar dan normal. (Hen)