Peristiwa

Tinjau Banjir Bandang Tanah Pinem Bupati Eddy Prioritas Kebutuhan Petani

Bupati Eddy Tinjau Banjir Bandang Suka dame Tanah Pinem

Sidikalang- Dairi Pers : Banjir bandang yang menghantam  Dusun Juma Batu, Desa Suka Dame, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi pekan ini berdampak banyak hal terhadap kepentingan warga desa. Bupati Dairi Dr Eddy Berutu mengunjungi dea tersebut  selasa (27/4/2021). Eddy meminta prioritas kepentingan petani akan lahannya dan prasarana jalan.

Bupati Eddy didampingi Kapolsek Tanah Pinem AKP Ikat Lubis SH, Danramil 05 Tanah Pinem Lettu Inf. M Taufik, Kepala Dinas Sosial Parlindungan Sihombing, Kabid Pekerjaan Umum dan Penataan  Ruang (PUPR) Agung, Kabid Prasarana Pertanian Eben Gurning, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Provet B. Sitanggang, Camat Tanah Pinem Sion Sembiring dan perangkat Desa Suka Dame.

Dari pantauan langsung dilapangan Eddy  meminta kepada perangkat desa dan kecamatan agar terus berkoordinasi dengan pihak bhabinkamtibmas dan babinsa setempat guna mengantisipasi terjadinya banjir susulan.

Diktakan eddy kalau banjir bandang yang terjadi di karenakan air sungai Gunung Meriah yang berada disekitar dusun itu meluap dan menghanyutkan kayu-kayu dari hulu sungai.  “ Dampak yang terjadi sudah diinvetarisir, untuk dilakukan penanggulanan. Target utama  evakuasi material-material pohon yang masih menumpuk di lahan pertanian warga. Kita ingin pertanian warga tidak terganggu “ sebutnya.

Bupati juga meminta prasarana vital seperti jalan harus menjadi priorotas sehingag transportasi tidak terganggu. Dalam pertemuannya bersama  warga petani setempat yang lahannya terkena dampak banjir bandang Eddy  mendengarkan langsung harapan dari para warga petani yang mengalami dampak kerugian atas bencana alam banjir bandang . Warga menyampaikan sejumlah permohonan dan bantuan sekaitan rusaknya lahan mereka.

Sementara itu usai pertemuan dengan warga terdampak banjir bandang  Bupati Eddy Berutu memberikan secara simbolis bantuan kepada para warga dusun setempat yang lahannya terkena dampak bencana alam banjir bandang berupa bantuan bahan pokok, sembako  bibit tanan keras dan bantuan lainnya yang dibutuhkan oleh warga dusun yang terkena dampak bencana.

Desa Suka Dame, Kecamatan Tanah Pinem merupakan salah satu desa terjauh dari ibukota kabupaten Dairi. Kondisi daerah ini memang penuh dengan perbukitan dan diatasnya masih ditemukan banyak pohon pohon.  Desa suka dame sendiri dekat dengan kabupaten Karo sehingga banyak warganya lebih sering disebutkan warga perbatasan. (Hen)