Hoax Teknologi

Tiket Pesawat Garuda Gratis Tidak Benar dan Hoax

pesan whatsapp tiket pesawat garuda gratis
pesan whatsapp tiket pesawat garuda gratis

Marak pada pesan whatsapp bahwa, Garuda dalam merayakan ulang tahun akan memberikan dua tiket pesawat garuda gratis  kepada semua orang. Tetapi kabar menggembirakan ini dipastikan hoax. Garuda telah melakukan rilis pers tentang hal ini. Bagaimana banyak orang terkecoh tentang ini ?

Memang kalau diperhatikan memang  resmi dari website garuda, karena seperti menggunakan alamat website resmi garuda. Link tersebut terlihat menggunakan url garuda-indonesia. Tetapi apabila kita melihat source html dari berita itu, terlihat bahwa tautan/url yang digunakan berbeda.

Sebelum diblok oleh ISP, halaman website tersebut akan menampilkan seperti dibawah ini :

website dimana tiket pesawat garuda gratis hoax tersebar
website dimana tiket pesawat garuda gratis hoax tersebar

Bagaimana ini tiket pesawat garuda hoax ini dimainkan ?

Ketika anda melihat datangnya pesan ini, anda akan terpancing untuk mengklik tautannya karena memang suatu kewajaran. Tetapi apabila diperhatikan lebih teliti, huruf i pada alamat url itu bukanlah huruf i. Itu adalah huruf khusus I tanpa dot/dotless yang merupakan huruf alphabet turki.

huruf i dotles turki pada tiket pesawat garuda hoax
huruf i dotles turki pada tiket pesawat garuda hoax

Perhatikan bahwa tautan yang ditandai tag href, itu bukanlah huruf i yang sama pada kata indonesia. Jadi yang digunakan pada tautan itu adalah kata  ” indonesıa “. Terlihat dibawah ini data whois website tersebut, dengan name server / DNS menggunakan topdns.

whois tiket pesawat garuda indonesia hoax
whois tiket pesawat garuda indonesia hoax

Ketika anda mengklik tautan tersebut, anda akan dilemparkan ke alamat baru yaitu  http://www.xn--garuda-indonesa-llc.com/ . Saat ini alamat tersebut memang telah diblok oleh ISP di Indonesia.

Penjelasan Garuda Indonesia Tentang Hoax Tiket Pesawat Garuda Gratis

Garuda telah melakukan rilis pers terhadap berita hoax ini. Garuda Indonesia tidak pernah mengeluarkan informasi mengenai promo tiket pesawat garuda gratis seperti yang tercantum pada website tersebut dan juga seperti yang tertera pada pesan singkat yang disebarluaskan oleh pihak-pihak tertentu. Dan bagi masyarakat ingin memperoleh informasi terkait promo yang ditawarkan oleh Garuda Indonesia melalui website www.garuda-indonesia.com maupun akun resmi social media Garuda Indonesia seperti twitter @indonesiagaruda, facebook @garuda.indonesia, instagram @garuda.indonesia, hingga akun resmi “Garuda Indonesia” di Line maupun melalui fitur layana mobile apps dan call center Garuda Indonesia 0804 1807 807 dan 021-23519999.