Kabupaten Pakpak Bharat

Tiga Kepsek SD Pakpak Bharat Akui DAK 2019 Sangat Membantu

Kamar Mandi SD Parongil jehe

Salak- Dairi Pers : Tiga kepala sekolah SD di Pakpak Bharat menyampaikan alokasi DAK pendidikan yang mereka terima tahun 2019 sudah tepat waktu dan tepat sasaran. Sekolah ini dibangun dulu masa Inpres tahun 80 an dan sejak itu belum pernah dibangun. Meski masih sebahagian dapat direhap namun lumayan sudah dapat mengatasi beberapa masalah. Kita berharap tahun berikutnya juga bisa dilanjutkan sehingga kualitas bangunan bisa standart seperti sekolah lain yang sudah ada.

Demikian kepala SD 035944 Parongil Jehe  , Kabupaten Pakpak Bharat Gani Sinamo saat dikonfirmasi Dairi Pers jumat (7/2). Dikatakannya meski hanya mendapat DAK 104 Juta  namun dapat merehap kamar mandi meliputi penggantian atap, plafon dan lantai . DAK ini dikerjakan secara swakelola sekolah  dengan memberdayakan warga setempat saat pembangunannya.

Gani menyebutkan sebelumnya kamar mandi sekolah tidak dapat digunakan karena sudah berusia tua dan tidak adanya dana untuk rehap. Dengan kondisi itu dikatakan siswa terpaksa menggunakannya. Namun dengan adanya DAK 2019 yang mereka terima maka satu masalah penting bisa diatasi.

Kamar Mandi SD Pea Sorpo

Namun demikian Gani Sinamo meminta pemerintah kembali memperhatikan sekolah  tersebut karena masih banyak fasilitas yang belum memadai.  Masih banyak yang kita butuhkan termasuk merehap ruang kelas, Kursi dan meja siswa . demikian juga berbagai alat peraga. Jadi kalau pemerintah akan menyalurkan bantuan atau ada alokasi proyek demikian maka sekolah ini mohon diikutkan, sebutnya.

Sementara itu Helti Sinamo kepala SDN 030422 Aornakan dan Salma Bancin kepala SDN Pea Sorpo mengaku jumlah DAK yang diterima Rp. 104 juta yang diperuntukkan untuk Rehab kamar mandi dan ruangan . Pembelian 30 kursi dan 30 meja siswa . “ Sebenarnya sekolah kita masih membutuhkan banyak bantuan, maklum sudah sekolah tua. Kalau bisa tahun ini atau tahun depan anggaran lebih esar lagi karena masih banyak fasilitas belum tersedia disekolah” sebut Salma Bancin kepala SDN Pea Sorpo

Meski jumlah dana terbatas yang diterima ,Namun demikian dua kepala sekolah ini mengatakan dengan bantuan DAK 2019 salah satu permasalahan  penting berkaitan toilet siswa sudah dapat diatasi. Masih dibutuhkan alokasi anggaran untuk terus memperbaiki fasilitas disekolah ini sehingga dapat menjadi sekolah nyaman menunjang proses belajar mengatar, Sebut Helti Sinamo. (Sanggup)

def