Kriminal

Temukan Daun Ganja Kering di Desa Kalang , Begini Modus Peredarannya…

Pelapor bersama barang bukti yang ditemukan di desa Kalang

Sidikalang- Dairi Pers : Parsaoran Sibuea (51) warga desa Kalang , kecamatan Sidikalang kabupaten Dairi menemukan bungkusan diduga berisi daun ganja kering dari bunga pagar samping rumahnya. Parsaoran yang tengah memancing kala itu kaget saat membuka bungkusan plastik melihat beberapa bungkusan diduga daun ganja langsung mnelaporkan ke polsek Kota Sidikalang Selasa (30/7).

Keterangan yang berhasil dihimpun dari humas Polres Dairi menyebutkan kapolsek Kota AKP J Manalu dalam laporannya menyebutkan seorang warga desa kalang Parsaoran Sibuea melaporkan telah menemukan plastik berwarna biru  berisikan daun ganja kering.

Kronologi penemuan barang haram itu bermula saat selasa sekitar pukul 14.00 WIB  Parsaoran yang menjadi pelapor dalam kasus ini tengah memancing disamping rumahnya. Tak lama kemudian melihat dua orang pria mengenakan baju hitam melintas dengan jalan kaki di jalan setapak samping rumahnya. 

Parsaoran melihat salah satu dari dua pria dewasa itu mengendap endap  dan mengangkat  plastik dari sela bunga pagar. Kemudian membuka dan mengikatnya kembali selanjutnya menyimpannya disela sela bunga pagar.  Saat kedua pria yang tidak dikenalnya itu pergi Parsaoaran yang penasaran ulah pria tersebut mendekati bunga pagar.

Pelapor yang melihat bungkusan plastik warna biru tersebut mencoba membukanya. Saat dibuka Parsaoran terkejut melihat adanya beberapa bungkusan daun diduga ganja kering. Selanjutnya melaporkan hal itu kepada Kepala desa Kalang.

Didampingi kepala desa Parsaoran Sibuea melaporkan penemuannya itu kepada polsek. Kapolsek Kota AKP Malau menyebutkan terhadap pelapor telah dilakukan pemeriksaan. Sedang barang bukti diduga daun ganja tersebut sebanyak 17 bungkus telah disita polsek. Selanjutnya polsek kota berkordinasi dengan sat narkoba Polres Dairi untuk pengembangan kasus.

Sementara itu peredaran daun ganja kering di wilayah ini diduga berubah modus dengan menempatkan barang bukti daun ganja yang sudah dikemas untuk ukuran siap jual di tempat yang tidak terduga seperti bunga pagar dan tempat yang tidak diperkirakan. Diduga ketika ada permintana maka pengedar tinggal mengambilnya dari tempat persembunyian yang sudah ditandai pengedar.

Kasus ini sudah ditangani polsek dan sat narkoba polres Dairi untuk tindakan lebih lanjut. (Ipen)