Politik

Soal Info Siapa Ketua DPRD Dairi Masih Liar

Tiga nama yang diusulkan Depriwanto Sitohang, Johanson Manik dan Sabam Sibarani

Sidikalang- Dairi Pers : Hingga memasuki awal september 2019 atau lebih kurang sebulan jelang pelantikan anggota DPRD informasi siapa yang akan menjadi ketua DPRD Dairi masih simpang siur. Aksi saling klaim para pendukung atau simpatisan dari tiga nama yang diusulkan hasil rapat Golkar kabupaten Dairi terus terjadi dilapangan. Namun demikian keputusan final DPP partai Beringin itu hingga kini belum jelas.

Pantauan Dairi Pers aksi klaim atas pendukung maupun simpatisan tiga nama yang dicalonkan terus terjadi. Tiga nama yang diusulkan yakni Sabam Sibarani yang kini masih menjabat sebagai ketua DPRD Dairi. Depriwanto Sitohang mantan calon Bupati Dairi 2019 dan nama Johanson Manik yang kini masih aktif menjabat sebagai anggota DPRD Dairi.

Aksi saling klaim simpatisan dari pendukung tiga nama tersebut terus terjadi. Ketiga nama tersebut dibahas dan diklaim sudah diputuskan. Ironisnya masing masing simpatisan justru mengklaim nama yang dijagokannya yang telah mendapat reskomendasi. sayang klaim para simpatisan itu tak satupun dapat menunjukkan surat putusan DPP.

Masih pantauan Dairi Pers pihak yang menjagokan Depriwanto Sitohang, Sabam Sibarani dan Johanson Manik jumlahnya hampir sama dalam setiap pembicaraan di tempat tempat umum seperti warung atau kantin. Pro dan kontra sering terjadi antar simpatisan saat diskusi tersebut dibuka.

Umumnya mereka mengaitkan kapasitas tiga nama ini dengan pengaruhnya terhadap pemerintahan Eddy- Jimmy. Berbagai analisa dilontarkan akan vigur tiga nama calon ketua DPRD terhadap pemerintahan Dairi . Komentar utama yang terdengar jika akhirnya Partai Golkar merekomendasikan nama Depriwanto Sitohang maka pemerintahan Eddy- Jimmy akan sedikit berat dihadapi. Komentar itu didasarkan fakta persaingan pada pilkada silam dimana Depriwanto Sitohang merupakan calon Bupati yang dikalahkan Eddy- jimmy.

Namun demikian jika partai golkar memutuskan Sabam Sibarani disebutkan relatif lebih kondusif karena Sabam tidak mempunyai kisah persaingan sebelumnya. Sedang jika DPP Golkar memutuskan nama Johanson Manik disebutkan akan lebih kondusif . Alasan itu didasarkan kalau nama itu tidak mempunyai banyak kepentingan dan tidak mempunyai kisah persaingan sebelumnya.

Kendati demikian pantauan Dairi Pers membicarakan nama Depriwanto Sitohang menjadi ketua DPRD lebih banyak disukai para loyalisnya pada pilkada silam. Alasan yang dilontarkan terselip kepentingan para loyalis ini akan terselamatkan ketika calon bupati yang pernah didukung itu akhirnya menduduki kursi nomor satu DPRD Dairi. Perhitungan mereka ketika Depriwanto menduduki posisi ketua DPRD maka posisi tawar kepada Bupati tinggi dan bisa menyelamatkan mereka minimal bertahan diposisi nyaman yang pernah mereka rasakan.

Sebagaimana diketahui Partai Golkar masih menjadi partai terbesar penyumbang kursi DPRD Dairi hasil pileg serentak 2019. Dari 35 kursi wakil rakyat itu Partai kuning ini merebut 9 kursi. Jumlah tertinggi itu membuat partai yang digawangi mantan Bupati Dairi Jhonny Sitohang itu berhak atas kursi ketua DPRD Dairi. Persaingan intern DPRD terpilih juga terjadi.

Sementara itu untuk kursi wakil ketua DPRD direbut partai PDI Perjuangan dan Partai Demokrat. (Hen)