Lokal

SMPN 1 Sinehi Berbenah Dengan Perubahan

Guru SPN1 Sinehi dan Siswa Yang mendapat Penghargaan

Sidikalang- Dairi Pers : Dipercayainya Binari Tulus Rajagukguk, S. Pd. Menjabat kepala SMPN 1 Siempat Nempu Hilir, Kabupaten Dairi membawa sejumlah perubahan mulai dari formasi upacara hingga pelibatan alumnus membangun sekolah di kecamatan siempat Nempu hilir tersbut. Setidaknya 5 perubahan mulai terpantau yang sebelumnya belum pernah terjadi di sekolah ini.

SMPN 1 Siempat Nempu Hilir Binari Tulus Rajagukguk, S. Pd saat diwawancarai Dairi Pers senin (23/3) menyebutkan kini sekolah masih libur sekaitan arahan Bupati Dairi DR Eddy Berutu dalam antisipasi corona. “ Kita coba bawa sejumlah perubahan dalam 3 bulan ini . Nmaun sedikit terhenti karena corona. Kita berharap secepatnya berlalu sehingga proses belajar mengajar kembali normal dan visi misi Dairi unggul bidang  pendidikan dapat kita lanjutkan sesuai arahan Dinas pendidikan Dairi” Sebut Raja Gukguk.

Dikatakan dalam tiga bulan sejak defenitif januari 2020  beberapa perubahan coba dilakukan seperti halnya  upacara bendera yang sebelumnya dilaksanakan oleh tiga serangkai. Kini dirubah  dilakukan paskibra kelas. Jika sebelumnya  protokol, pembaca UUD 1945, janji siswa dan Doa, sebelumnya dilaksanakan dengan mengandalkan teks, kini  siswa sudah mampu melaksanakannya tanpa teks. “kita inginkan hal rutin demikian bisa tanpa teks dan itu sangat perlu dalam pengamalan pancasila dan hafal akan Pancasila dan UUD 45” Sebutnya

Disamping itu kegiatan  9-K ditingkatkan dan  menghasilkan positif dimana diadakannya lomba antar kelas berupa kebersihan taman, penataan kelengkapan administrasi kelas dan kebun kelas menjadikan sekolah terlihat lebih indah dan asri. Apresiasi diberikan langsung kepada ketua kelas dan wali kelas pemenang lomba tersebut. Hal ini direncanakan berlanjut sampai akhir semester dan seterusnya. Dengan persiangan antar kelas itu maka kelas akan belomba dalam peningkatan 9 K teruta kebersihan , keindahan, ketertiban, keamanan dan lainnya.

Peningkatan  Pelaksanaan KBM, PPK, Literasi dan SKJ serta Kebaktian dilaksanakan setiap harinya dimulai pukul 08.10.  Siswa dan guru diwajibkan hadir pada pukul 07.00 WIB. Rentang waktu  sebelum masuk kelas siswa dan guru mengadakan kegiatan apel pagi untuk mendapatkan bimbingan dan arahan dari guru  terkait implementasi PPK dalam kehidupan siswa. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Selasa dan Rabu. Sedangkan untuk Literasi, kegiatan membaca dilaksanakan terbuka baik di dalam kelas maupun di luar kelas pada hari Kamis yang dipantau langsung oleh guru yang bertugas.

Sedang  Kegiatan SKJ dilaksanakan pada hari Jumat, dan  hari Sabtu, diadakan Kebaktian bersama oleh guru dan siswa dengan mendatangkan pengkhotbah dari luar sekolah, sementara untuk siswa-siswi yang muslim mengadakan kegiatan kerohanian Islam yang dipandu oleh guru yang beragama Islam . Tujuan kegiatan tersbut disamping menciptakan alumnus yang mapan akademis juga alumnus harus mempunyai mentalitas dan karakter yang baik.

Mapan secara ilmu pengetahun dan  berakhlak baik dikatakan akan melahirkan alumnis SMPN 1 Siempat Nempu hilir yang sempurna.

Sementara itu untuk  Kegiatan Ekstrakurikuler  Sebagai upaya peningkatan minat dan bakat siswa, sekolah mengadakan kegiatan ekstra kurikuler dalam bidang Olah Raga, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Seni Budaya. Sebagai bahan evaluasi dari kegiatan ekstrakurikuler ini, setiap selesai upacara bendera siswa menampilkan kreativitas mereka dalam bidang Story’ Telling pada minggu pertama, Pidato/puisi pada minggu kedua, Literasi/Laporan Buku pada minggu ketiga dan penampilan Seni Budaya pada minggu keempat.

Kegiatan ini dimaksudkan agar memotivasi anak untuk  belajar dan mempunyai kelebihan dan kemampuan lain sebagai penunjang disamping kemampuan akademis.

Dan salah satu terobosan perubahan yang dilakukan  Kerjasama dengan Alumni Hal demikian dilatar belakangi pendidikan tidak terlepas dari kerjasama yang baik dari seluruh warga sekolah mulai dari Kepala Sekolah, guru, staf tata usaha, seluruh siswa dan orangtua serta masyarakat.

Binari Tulus Rajagukguk S, Pd., mengajak para alumni untuk bersama-sama memajukan sekolah ini baiak yang ada di Dairi maupun yang ada di rantau. Untuk tahun ini alumni tahun 1992  Joangga Silaban yang merupakan anggota DPRD Dairi ikut serta di alumnus memberikan dukungan dalam bentuk pembinaan sumber daya alumnus , jelasnya Kepala Sekolah SMPN 1 Sinehi  Binari Tulus Rajagukguk S, Pd  menjelaskan tidak sulit mengajak siswa dan guru sekilah ini menciptakan perubahan. “ Saya melihat selama tiga bulan ini kalau memang tujuannya positif dan dilakukan transparan semua mendukung . Siswa, guru, orang tua dan alumnus siap membantu. Mungkin salah satu motivasinya kesadaran sekolah menjadi tempat membentuk generasi bangsa yang akan mewarisi negeri ini, sebutnya ( Agam)