Lokal

Siapa Yang Jadi Sekda ? Jabiat dan Watson Gagal

tiga Nama yang lulus untuk sekda Dairi

Sidikalang- Dairi Pers : Persaingan untuk kursi sekda Dairi sudah dimulai. Dari 5 pelamar yang sudah mendaftarkan diri pansel Rabu (20/11) mengumumkan dua pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi sehingga kini hanya menghasilkan tiga nama . Kedua pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat itu yakni Jabiat Sagala, yang saat ini menjabat Sekdakab Samosir, dan Waston Simbolon, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Samosir.

Pansel mengumumkan tiga yang lulus seleksi administrasi  yakni Budianta Pinem sekarang kepala  Inspektur Kabupaten Pakpak Bharat  berpangkat Pembina Tingkat I (golongan IV/B).

Leonardus Sihotang  Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dairi berpangkat Pembina Utama Muda (golongan IV/C).

Sementara, Mordehai Orba Suntuk Manik  Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pakpak Bharat  berpangkat Pembina Utama Muda (golongan IV/C).

Budianta Pinem dan Orba Manik kini bertugas di pemkab Pakpak Bharat sedang Leonardus Sihotang bertugas di Pemkab Dairi.

Kepala Sekretariat Pansel, Buha Pasaribu menyebutkan hasil pemeriksaan administrasi atas kelima calon pelamar sudah diseleksi.  Jabiat dan Waston gugur karena sama-sama tak melampirkan surat persetujuan/rekomendasi Bupati Samosir dalam surat lamaran mereka.

Keduanya juga tidak melampirkan surat keterangan tidak pernah dijatuhi sanksi pidana atau sanksi disiplin tingkat sedang/berat.

Bukan hanya itu Jabiat Sagala, juga tidak memenuhi  syarat faktor umur. Usianya melewati ambang batas persyaratan yang ditentukan pansel. Batas umur maksimal yakni 56 pada 10 Januari 2020 . Pansel menemukan usia Jabiat Sagala sudah 56 tahun-1 bulan pada tanggal 10 Januari 2020. Jadi, tidak  memenuhi syarat,”  jelas Buha Pasaribu

Disebutkan selanjutnya tiga nama   yang memenuhi syarat itu selanjutnya akan mengikuti assessment selama dua hari, di Hotel Mutiara Dairi, Sidikalang.

Dairi Dan Pakpak Bharat

Tiga nama yang kini bersaing untuk kursi sekda Dairi itu diketahui dua dari Pakpak Bharat dan Leonardus Sihotang dari Dairi. Dari ketiganya Leonardus Sihotang dan Orba Mnaik diketahui berpangkat Pembina Utama Muda (golongan IV/C) sedang Budianta Pinem berpnagkat dibawahnya Pembina Tingkat I (golongan IV/B). Kendati demikian aturan menyebutkan nama yang diusulkan untuk diseleksi ke tingkat lebih lanjut harus melalui usul Bupati Dairi. Belum diketahui Persaingan ketiga nama ini nantinya. Namun demikian bahasan akan siapa yang menjadi orang nomor satu di jajaran Birokrat ASN di Dairi kini menjadi sangat menarik di Dairi. (Hen)