Lokal

Seleksi Sekda Dairi Dibuka, Begini Syaratnya

Pansel Sekda Yang Sudah Dibentuk

Sidikalang- Dairi Pers : Akan berakhirnya masa jabatan sekda Dairi Sebastianus Tinambunan bulan ini. Pemkab Dairi  membuka Seleksi Terbuka dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Tahun 2019. Seleksi untuk jabatan ini diwajibkan memenuhi sejumlah persyaratan untuk pendaftaran. Pemkab Dairi juga telah menetapkan panitia seleksi yang terdiri dari 5 orang yang berasal dari Pemprovsu, akademisi dan dari propesional.

Dalam press realease humas pemkab Dairi yang diterima Dairi Pers menyebutkan Seleksi ini terbuka bagi Aparatur Sipil Negara  di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi, Aparatur Sipil Negara  di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Aparatur Sipil Negara  di Lingkungan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara.

Pemerintah Kabupaten Dairi telah membentuk Panitia Seleksi Terbuka Pengisian JPT Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Tahun 2019 untuk melaksanakan proses seleksi.  Mereka terdiri dari H Naouval Mahyar, SH dan Halen Purba , MM dari kantor gubsu,   Effendi Siboro  dan  Nikous Soter Sihombing dari unsur akademisi dan Guntur Simarmata dari unsur propesional. Seleksi terbuka yang dimulai dengan pendaftaran dan penyerahan berkas pada Jumat (01/11),

Untuk persyaratan memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural sesuai standar kompetensi jabatan yang telah ditetapkan. Syarat lainnya, berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil dan sedang menduduki JPT Pratama dan sekurang-kurangnya pernah menduduki 2(dua) JPT Pratama (setara eselon II b) yang berbeda atau Jabatan Fungsional Pangkat Pembina Tingkat I (IV/b) jenjang Madya sekurang-kurangnya selama 2 (dua) tahun terakhir, memiliki kualifikasi pendidikan minimal Strata 1 (S1) dan usia paling tinggi 56 tahun pada 10 Januari 2020.

Pengiriman berkas lamaran beserta dokumen persyaratan administrasi yang telah disusun rapi dalam 1(satu) amplop ditujukan kepada: Ketua Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi d/a. Sekretariat Panitia Seleksi, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jl. Ki Hajar Dewantara Nomor 1 Sidikalang.

Dalam keputusan Panitia Seleksi di setiap tahap adalah final dan tidak dapat diganggu gugat dan Panitia Seleksi juga mengundang masyarakat untuk memberikan masukan atau informasi mengenai peserta Seleksi Terbuka Pengisian JPT Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi melalui email [email protected]

Kepala BKPSDM Dairi Suasta Ginting, S. Sos, MAP dalam keterangannya menyebutkan dengan  Seleksi Terbuka ini diharapkan akan menarik insan birokrat dari seluruh Indonesia yang tertarik untuk membangun Dairi. Dipersilahkan untuk mengirimkan data dan informasi kepada Panitia Seleksi yang bekerja secara mandiri untuk figur yang mumpuni.

Ada beberapa tahapan yang akan dilewati meliputi seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas. Lalu seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural serta seleksi kompetensi bidang dengan penulisan makalah dan dilanjutkan wawancara akhir

 Untuk informasi lebih jelas, para Pegawai Negeri Sipil yang berminat dapat melihat pengumuman secara langsung di kantor BKPSDM, website https://dairikab.go.id dan melalui contact Person Buha Pasaribu (0813 9705 5083)

Sementara itu Bupati Dairi melalui pesan WA yang dikonfirmasi menyebutkan  Panitia Seleksi terdiri dari individu yang berintegritas.” Saya sebagai Bupati menyerahkan sepenuhnya proses penjaringan ini kepada Pansel.”, tegas Bupati Dairi.

Dikatakan Bupati pihaknya sangat berharap banyak peminat mengikuti seleksi sehingga akan didapatkan vigur yang bisa mendukung program pemerintahan Dairi ke depan. “ Kita berharap muncul hasil sempurna bisa mendukung dan mensukseskan program Dairi Unggul Mensejahterakan masyrakat dalam harmoni Keberagaman. Posisi sekda sangat strategis sebagai orang pertama di ASN” jelas Bupati Dairi DR Eddy Berutu (Hen)