Sains

SD St Yosep Sidikalang Nyaris Cukur Semua Juara KSN, Bupati Dairi : Dairi Gudangnya Orang Pintar

Bupati Dairi DR Eddy Bersama Guru saat KSN Dairi di Sitinjo

Sidikalang-Dairi Pers : SD St Yosep Sidikalang meraih 4 gelar juara dari 6 gelar yang diperebutkan dalam Kompetisi Sains Nasional  (KSN) Tingkat Dairi yang berlangsung kamis (12/3) di SD  030289 panji , kecamatan Sitinjo kabupaten Dairi . Di depan Bupati Dairi DR Eddy Berutu yang didampingi ketua TP PKK Dairi Ny Romy Mariani siswa  sekolah yang beralamat  di jalan Dairi itu sukses gemilang. Bahkan untuk mata pelajaran Matematika siswa SD St Yosep menyapu bersih semua gelar juara.

KSN tingkat Dairi ini langsung dihadiri Bupati Dairi DR Eddy Berutu didampingi Ny Romy Mariani, Plt Kepala Dinas Pendidikan Dairi Besli Pane, jajaran dinas pendidikan Dairi, guru dan  puluhan siswa yang ikut dalam kompetisi.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Dairi Besli Pane didampingi Kabid Dikdas Panggabean menyebutkan Kompetisi Sains Nasional tingkat Dairi itu diikuti utusan seluruh SD yang ada di Dairi. Sebanyak 70 siswa bersaing untuk kompetisi tahunan itu.  Peserta merupakan utusan utusan sekolah tingkat Dasar yang ada di Dairi.

Pemenang lomba KSN tingkat kabupaten menjadi utusan Dairi nantinya ke KSN tingkat propinsi Sumut. Dikatakan Plt Kepala Dinas Pendidikan Dairi  KSN sebagai manifestasi dan alat ukur program Bupati Dairi unggul dalam pendidikan dasar .  “ Tahun ini ada perubahan jika dahulunya disebut Olimpiade Sains Nasional tahun ini berganti Kompetisi Sains Nasional. Perubahan ini sesuai arahan menteri pendidikan. Mudah mudahan pemenang Dairi nantinya akan menunjukkan prestasi propinsi hingga Nasional seperti beberapa tahun lalu Dairi terus menjadi utusan sumut ke tingkat Nasional” sebutnya.

DR Eddy Berutu : Dairi Gudangnya Orang Pintar

Sementara itu Bupati Dairi DR Eddy Berutu bersama ibu langsung menyerahkan  hadiah kepada para pamenang KSN. Dikatakan Bupati nama Dairi ditingkat nasional untuk bidang pendidikan cukup dikenal karena banyak tokoh  berhasil berasal dari Dairi.  “ Anak anakku tetap semangat dan mengasah diri terus dengan kemampuan akademik. Persaingan ke depan makin kompleks maka kemampuan dan moral yang baik akan mampu lepas dari persaingan dan menjadi pemenang .  Belajar dan terus  meningkatkan SDM disamping pembenahan carakter mental akan menjadi kunci keberhasilan ke depan. “ sebut Bupati

Ditambahkan DR Eddy Berutu pemkab Dairi telah menetapkan Dairi Unggul disemua bidang. Dalam sektor pendidikan sejumlah  langkah dan upaya sudah dilakukan sehingga tujuan menciptakan manusia Dairi unggul dalam akademik melalui renacana pendirian  Universitas. Pembenahan Akper dan langkah lainnya untuk mengangkat daya saing anak anak Dairi, jelasnya.

Sementara itu hasil juara KSN Dairi untuk mata Pelajaran Matematika semua gelar disabet SD St Yosep Sidikalang atas nama  Hantari Angel Cibro, Juliana Silalahi dan Rafael Nainggolan. Sementara untuk mata pelajaran IPA juara pertama Siska Juniati Hutasoit SD St Yosp, juara II Leila Sianturi SD Huta Usang Pegagan Hilir dan juara III Dedi Rafael Lumbanbatu SD Punguan Nauli Sitinjo. (Hen)