Politik

Sabam Sibarani, Sosok Paling Berpeluang Calon Bupati Dairi 2023 Pupus

Sabam Sibarani

Sidikalang- Dairi Pers : Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani yang dikenal sebagai kader Tulen Partai Golkar Dairi dan sosok yang diprediksi paling berpeluang untuk calon Bupati Dairi 2023 harus “lempar Handuk” saat bertarung untuk kursi ketua DPD Golkar Dairi jumat (28/8) di balai Budaya Sidikalang. Sosok paling diunggulkan para kader  Golkar Kabupaten Dairi itu harus mengubur impaiannya untuk menjadi orang nomor satu di Partai Beringin Dairi.

Sabam Sibarani dikenal sebagai kader tulen Golkar yang merangkak dari bawah . Menjadi pengurus level  bawah hingga jabatan tertingginya sebagai sekretaris Golkar Kabupaten Dairi membuktikan kepiawaiannya dalam politik intern local golkar kabupaten Dairi.  Seiring hal itu Sabam yang melejit hingga menjadi ketua DPRD Dairi untuk dua periode itu dikenal sebagai senior di partai kuning tersebut.  

Meski bukan kelahiran Dairi pria yang berambut plontos itu dikenal paling top di Partai golkar dan selalu menjadi peraih suara terbesar intern Golkar saat gelar pileg dalam dua gelombang. Perolehan suara terbesar itu juga mengantarkannya menjadi ketua DPRD Dairi dua periode.

Bukan gampang bagi Sabam menduduki jabatan yang bergengsi. Untuk maraih kursi ketua DPRD Dairi di dua periode selalu bertarung dengan intern kader lain. Namun semua dapat ditaklukkannya. Pertarungannya terkahir untuk ketua DPRD Dairi bersaing dengan Johanson Manik . Meski berjalan tidak mulus namun Sabam akhirnya memenangkan persaingan hingga kembali menduduki kursi nomor satu legislative Dairi.

Seiring karirnya yang melejit di Partai Golkar Dairi menjadi sekretaris banyak yang menilai Sabam Sibarani sosok paling berpeluang menduduki kursi ketua DPD Golkar Dairi menggantikan Johnny Sitohang yang dikenal sebagai kader terbaik Golkar Dairi. Jika sesuai scenario dapat menduduki kursi ketua DPD Golkar Dairi maka hamper dipastikan Sabam Vigur paling berpeluang sebagai calon Bupati Dairi 2023.

Penilaian itu didasarkan  budaya intern golkar yang selalu mengutamakan kadernya untuk bertarung mendapatkan kursi kepala daerah.  Dengan posisi 9 kursi anggota DPRD Dairi dari partai Golkar merupakan jumlah lebih dari cukup untuk mengusung satu pasangan Calon Bupati untuk pilkada Dairi 2023.

Bukan itu saja disamping kader terbaik intern golkar local. Sosok Sabam juga diketahui piawai dalam membangun jaringan politik dan bisnis. Nama perusahaan Ronatio sebagai toko buku dan yayasan Arina tidak terlepas dari nama  besarnya. Arina sebagai sekolah swasta dikenal cepat melejit . Meski belum diketahui pemiliknya secara hukum namun nama Sabam Sibarani kerap dikaitkan dengan dua lembaga itu.

Bukan itu saja Sosok Sabam Sibarani dikenal merakyat dan “tidak bertangan besi ” hingga terbukti selalu menjadi kader yang memperoleh suara terbesar dalam pileg.

Namun sayang putusan Musda ke 9 partai golkar Dairi impiannya harus ambruk. Untuk mendudki kursi palign bergengsi di Partai beringin itu kandas saat berhadapan dengan Eddy Berutu yang mengantongi surat dikresi dari ketum Golkar Airlangga Hartarto.

Uji Publik

Pasca kekalahannya kepada Eddy Berutu merebut kursi ketua DPD Golkar Dairi banyak memberi masukan  agar kepengurusan Golkar berikutnya sosok Sabam Sibarani untuk tidak menduduki jabatan di Golkar Dairi . Hal itu untuk uji public dimana meski tanpa jabatan dan kekuasaan di Golkar sosok Sabam akan kembali membuktikan kepiawaiannya memperoleh suara terbesar dalam pileg berikutnya.

Uji public itu diyakini akan menjadi bukti betapa sosok Sabam Sibarani sangat merakyat dan dicintai masyarakat Dairi khususnya dapil II Dairi yang selalu menjadi dapilnya. (Hen)