Peristiwa

Rektor USU Positif Covid Langsung Karantina Diladangnya

Rektor USU Runtung Sitepu

Medan- Dairi Pers : Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Runtung Sitepu dinyatakan positif Covid-19, berdasarkan hasil tes usap yang dijalaninya. Usai dinyatakan positif Runtung langsung melakukan isolasi mandiri di rumahnya yang terletak jauh dari rumah dinas yang kini didiami keluarga nya.Ia pun menyetir mobilnya sendiri karena tak lagi ingin ada yang kontak dengannya.

Juru Bicara GTPP COVID-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah, Minggu, 12 Juli 2020 mengimbau warga agar tidak lengah. “Benar, berdasarkan surat yang disampaikan dari laboratorium Rumah Sakit USU, beliau Rektor USU Prof Runtung Sitepu dinyatakan positif COVID-19,” kata dr Aris,

Prof Runtung Sitepu dinyatakan positif covid-19 pada Sabtu (11/7) malam. Awalnya ia melakukan tes swab bersama dengan menantunya yang bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Royal Prima pada Jumat lalu.

Tak disangka, satu hari setelah melakukan tes swab tersebut Runtung dinyatakan positif covid-19 meskipun kondisinya sehat dan tidak ada keluhan sedikit pun.

“Saya mau memberi semangat kepadanya makanya saya temani dia tes swab, saya pun sekaligus ikut swab juga. Karena dia kan banyak menangani pasien, supaya selalu kuat dia. Rupanya besoknya hasil tes keluar justru dia negatif, saya yang terkonfirmasi positif,” ujar Runtung, Minggu (12/7).

“Saat tahu saya positif, tak lagi saya ijinkan orang lain ada di mobil saya. Sekarang saya lagi isolasi mandiri. Di ladang saya, ada rumah di sini, sendiri dan hanya ada satpam lah di depan,” kata Runtung.

Ia mengaku kini kondisinya sangat baik. Runtung tak ingin menutup-nutupi statusnya yang kini positif agar dapat menjadi acuan bagi yang pernah kontak dengannya untuk dapat waspada dan berhati-hati.

“Saya tak ingin ini ditutup-tutupi makanya saya bilang ke Dirut RS USU tolong informasikan soal ini, karena kan 5 Juli kemarin sempat kita wawancara terbuka dengan rekan-rekan media. Atau siapapun yang pernah kontak dengan saya bisa langsung tes atau isolasi mandiri,” katanya.

Runtung pun mengaku seluruh keluarga nya langsut dites saat dirinya dinyatakan positif. Ia melakukan isolasi jauh dari rumah agar keluarga dan cucu-cucunya tak ikut terpapar virus covid-19.

“Saya pun di rumah selalu memakai masker, saya usahakan selain makan dan minum. Di mana-mana pun saya tetap terapkan protokol kesehatan. Ya walaupun begitu masih ada juga celah sehingga saya terkena,” katanya.

Runtung berharap masyarakat selalu patuhi protokol kesehatan dan selalu waspada. “Makanya saya berharap masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan. Seperti saya saja yang patuh tetap ada celah terpapar. Kuncinya cuma tiga, pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan,” sebutnya (Hen)