Sosial

PSC 119 Mudah, Begini Caranya

Bupati Dairi DR Eddy Berutu, Wabup Jimmy AL Sihombing, SH dan Ketua TP PKK Romy Mariani Eddy Berutu di depan armada PSC

Sidikalang- Dairi Pers : Bupati Dairi DR Eddy Berutu telah launching Pelayanan Gawat Darurat Public Safety Centre (PSC) 119 . Layanan ini merupakan pertolongan pertama bagi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan . PSC sebagai pelayanan  gawat Daurat untuk mendapatkan respon cepat. Lantas bagaimana cara dan alur pelayanan PSC ini?

PSC 119 sebagai pusat pelayanan yang dibentuk Pemerintah untuk menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan medis .Petugas PSC 119 adalah petugas kesehatan yang mempunyai kompetensi gawat darurat. Pelayanannya juga  24 Jam setiap harinya tanpa dipungut biaya selama masih berada di wilayah Kabupaten Dairi.

Dengan motto CEPAT, TEPAT, SELAMAT (CTS), PSC 119 bertujuan memberikan pertolongan pertama kasus kegawatdarutan medis. Maka jika terjadi sakit gawat darurat medis atau kecelakana lalaulintas , kebakaran dan lainnya . Maka dapat menghubungi PSC 119 di nomor 0627-2521808 dan 0823 6888 2119. Nomor layanan ini aktif selama 24 jam .

Selanjutnya akan menghubungkan dengan layanan ambulance terdekat dengan tempat dimana masyrakat membutuhkan pertolongan. Selanjutnya penjemputan Pasien akan berkoordinasi dengan layanan terdekat dari tempat kejadian. Bantuan akan segera datang dan dilakukan oleh petugas kesehatan terlatih dengan membawa peralatan medis yang dibutuhkan.

Selanjutnya memberikan bantuan rujukan ke fasilitas kesehatan yang tersedia, mengkoordinasikan pelayanan informasi penanganan medis yang terjadi pada pasien sebelum mendapatkan pelayanan medis di Rumah Sakit maupun di Puskesmas terdekat.

Bupati Dairi DR Eddy Menyebutkan kalau PSC sudah masuk dalam program kerja 100 Hari Eddy- Jimmy. Warga Dairi dimanapun selama masih di wilayah hukum Dairi dapat menggunakan layanan ini maka ambulance bersama petugas medis akan sesegera mungkin hadir.

Ditegaskan layanan ini gratis dan tidak diperkenankan sama sekali menerima imbalan atau materi lain dari pasien maupun  keluarga pasien.  Untuk posko PSC ini berada di depan kantor Bupati yang standy selama 24 jam.

“ Salah satu yang menjadi konsentrasi kita adalah pelayanan medis, pelayanan kesehatan yang mungkin selama ini banyak dikeluhkan masyarakat. Kita berharap dengan PSC ini akan semakin banyak masyarakat yang tertolong dengan CTS (cepat , Tepat dan Selamat).” Ujarnya

Dikatakan Bupati bagi warga yang bermukim di Kabupaten Dairi silahkan menggunakan layanan ini. Semua perangkat sudah siap. Kita berharap tidak ada lagi kasus kasus kemanusian muncul akibat tudingan lambannya pelayanan medis. Intinya kita komit dengan janji pelayanan masyarakat. Mari masyrakat Dairi jangan segan segan untuk langsung melaporkan ke nomor yang tertera diatas jika mendapatkan kasus gawat darurat medis. Maka secepatnya petugas akan melayani, Pungkasnya (Hen)