Pariwisata

Promosikan Silahi Sabungan Bupati Dairi Lepas Peserta Funtrack

Bupati Dairi DR Eddy Berutu bersama Peserta Funtrack

Sidikalang- Dairi Pers :  Dalam bulan ini hampir tiap minggu Bupati Dairi DR Eddy Berutu mengunjungi kecamatan Silahi sabungan. Keinginan kuatnya menjadikan silahi sabungan sebagai pusat wisata handal kabupaten Dairi mulia terlihat.  Dalam rangkaian pesta Tugu Silahi Sabungan  jumat (22/11) Bupati Dairi melepas 108  peserta Funtrack Bukit Siantaratas, Funtrack merupakan    sebuah kegiatan menyusuri bukit kini banyak di gemari oleh turis dunia sepeti Santorini di Yunani.

Funtrack merupakan rangkaian kegiatan acara tahunan Pesta Budaya Tugu Silahisabungan dihadiri oleh Panitia Bolahan Amak Pesta Tugu Silahisabungan Sukardi Silalahi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dairi, Camat Silahisabungan serta Tokoh Masyarakat yakni para Raja Turpuk Silahisabungan.

Bupati Dairi Dalam sambutannya Pemerintah Kabupaten Dairi serius membangun Silahisabungan menjadi salah satu pusat destinasi wisata unggulan Kabupaten Dairi “Saya bukan hanya mewakili Pemerintah Kabupaten Dairi, namun juga mewakili Pemerintah Pusat karena Danau Toba telah di tetapkan oleh negara menjadi kawasan strategis parawisata nasional dimana Dairi dengan Silahisabungan, TWI, Danau Sicikecike sebagai unggulan”jelasnya 

Diktakan Bupati kegiatan Funtrack  menjadi  awal yang bagus untuk menjadikan funtrack Siantaratas menjadi unggulan di kawasan Danau Toba. “Tracknya luar biasa, pemandangannya mengaggumkan, alam yang asri, dan yang lebih luar biasa lagi aalah masyarakat Silahisabungan dengan Raja Turpuknya yang selalu memberikan dukungan yang antusias setiap kegiatan budaya dan pariwisata di kawasan Silahisabungan” tambahnya

Disebutkan beberapa kegiatan yang sudah dilakukan di Silalahi sabungan sebelum Funtrack ini diantaranya kegiatan 1000 tenda di Desa Silalahi, olahraga ekstrim off-road GIXA yang menembus hutan dan alam Dairi dan finish di Silahisabungan.

Ditkatakn pembenahan silalahi terus dikebut . Kini pemkab Dairi sedang membangun dermaga pariwisata di Desa Silalahi yang direncanakan akan rampung pengerjannya pada Desember 2019. Dermaga tersebut diharapkan akan mempersingkat kunjungan wisatawan melalui jalur darat dan akan di tempuh melalui jalur danau sembari melihat keindahan alam Danau Toba yang luar biasa dari Parapat/Ajibata/Muara menuju Silahisabungan.

Pemerintah Kabupaten Dairi bersama masyarakat sedang menyelesaikan dua rumah home-stay untuk menyambut para tamu dan wisatawan yang berkunjung ke Silahisabungan,  bantuan dari Kementrian Desa RI.

Ketua Panitia Pesta Tugu Silahisabungan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian kepada Kecamatan Silahisabungan.  Panitia berharap perhatain yang berkesinambungan . Dikatakan disamping funtrack pesta Tugu silahi sabungan tahun ini juga akan melakukan penanaman 500 pohon di lokasi funtrack . juga lomba foto yang terbuka untuk umum yang di harapkan akan semakin memperkenalkan keindahan alam Silahisabungan hingga ke seluruh dunia  (Hen)