Pilkada

Pro Kontra Jika Franc Tumanggor Jadi Cabup Pakpak Bharat

Franc saat bertemu Wabup Dairi Jimmy Sihombing rangkaian undangan pesta syukuran Franc di TWI

Sidikalang- Dairi Pers : Hinggi kini  baru nama Franc Tumanggor yang muncul dalam pencalonan Bupati Pakpak Bharat tahun 2020. Serta merta pria berusia 33 tahun itu melahirkan pro kontra dikalangan para pendukungnya dulu di Dairi dan Pakpak Bharat. Gelagat anggota DPRD Sumut itu akan maju di pilkada Pakpak Bharat menjadi bahan perbincangan dikalangan masyarakat yang melahirkan pendapat setuju  dan tidak setuju.

Hasil amatan Dairi Pers dari sejumlah pendukungnya masa pencalegkan untuk DPRD Propinsi Sumut ada yang menyesalkan tindakan itu jika benar benar Franc akan mencalonkan diri sebagai Bupati di Pakpak Bharat. Mereka yang kontra berpendapat merasa kecewa akan kerja keras mereka sebagai pendukung dan memfavoritkan Franc sebagai wakil rakyat Dairi dan Pakpak Bharat di DPRDSU. Namun begitu mudahnya melupakan upaya para pendukungnya.

Mereka berpendapat jika benar benar mencalonkan diri sebagai Bupati Pakpak Bharat sama dengan kurang menghargai kerja keras para simpatisan dan pendukungnya hingga terpilih jadi wakil rakyat di Sumut.

Pemilih dan pendukungnya kecewa karena kursi akhirnya akan diserahkan kepada Leonard Samosir.

Ada juga yang berpendapat jika Franc mencalonkan diri di Pilkada Pakpak Bharat maka suku Pakpak Sama sekali akan hilang di dewan propinsi. Franc Tumanggor satu satunya suku Pakpak yang berhasil duduk di legislatif sumut.

Sementara itu untuk yang pro menyampaikan Franc Tumanggor satu satunya harapan untuk menjadi Bupati Pakpak Bharat pasca sejumlah kasus yang terjadi di kabupaten eks Dairi itu. Sejumlah tokoh yang diperkirakan berniat maju di pilkada Pakpak Bharat diawal, akhirnya mengurungkan niat pasca munculnya Franc. Mereka menyebut Franc sudah dinanti masyarakat Pakpak Bharat untuk membawa perubahan. Franc juga disebut sosok yang diunggulkan jadi pemimpin Pakpak Bharat berikutnya.

Sosok Franc sebagai putera kandung orang yang membidani lahirnya kabupaten  Pakpak Bharat DR MP Tumanggor disebut mempunyai magnet kuat dan sangat berpeluang besar memenangkan orang nomor satu di Pakpak bharat.

Ragam komentar para pendukung Franc Tumanggor masa pencalegkan kini tengah ramai di bahas di Dairi. Informasi yang sama juga didapatkan Dairi Pers ditengah masyarakat Pakpak bharat akan pro kontra pasca Franc mengambil formulir pendaftaran ke PDI P Pakpak Bharat.

Baru Dilantik

Sebagaimana diketahui Franc Tumanggor baru dilantik menjadi anggota DPRD Sumut dari dapil Dairi, Karo dan Pakpak Bharat senin (16/9) . Franc yang maju dari partai Golkar itu secara mengejutkan merebut satu kursi bahkan mengalahkan incumbent satu partainya Leonard Samosir.

Banyak yang menyakini magnet DR MP Tumanggor sebagai mantan bupati Dairi justru sangat menguntungkan perjalanan karir Franc untuk merebut kursi DPRD sumut.

Namun demikian banyak memperkirakan Franc Tumanggor tidak akan menjadi calon Bupati di Pakpak Bharat. Pemunculanya dalam pengambilan formulir pendaftaran calon di partai disebut hanya semacam uji publik saja . Diprediksi nama lain akan muncul menggantikan franc namun garisnya masih berhubungan dengan keluarga DR MP Tumanggor. (Hen)