Kriminal

Polwan Tewas Ditabrak Wakil Bupati Yang Mabuk

kecelakaan polwan di jaya pura

Jayapura- Dairi Pers : Anggota Polwan yang tewas ditabrak mobil Wakil Bupati Yalimo berinisial ED, merupakan anggota Propam Polda Papua. Korban mengalami kecelakaan saat dalam perjalanan menuju kantornya.

Korban atas nama Bripka Christin Batfeni (36) ditabrak di sekitar tikungan kawasan Polimak Satu, Distrik Jayapura Selatan. Kejadian ini terekam CCTV jalan raya tersebut.

Polwan berhijab ini mengalami luka parah di bagian leher belakang, kaki kanan, lutut dan paha. Korban meninggal dunia di TKP kecelakaan, sekitar pukul 07.00 WIT.

Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas, membenarkan pengemudi yang menabrak polwan ini merupakan kepala daerah di Kabupaten Yalimo. ED diduga dalam kondisi mabuk.

“Dugaan sementara mabuk,” ujar AKBP Gustav di Kota Jayapura, Papua, Rabu (16/9).

Dikutip dari Kompas dan kumparan menyebutkan Saat ini ED dan rekannya AM diamankan di Mapolresta Jayapura Kota untuk proses penyelidikan. Sementara korban dievakuasi ke ruang instalasi jenazah RST Marthen Indey.

Kapolresta Jayapura AKBP Gustav Urbinas menyebutkan Mobil yang tiba-tiba keluar jalur, ketika itu Bripka Christin tengah mengendarai sepeda motornya di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua. Sedangkan di saat yang sama, Wakil Bupati Yalimo Erdi Dabi mengendarai mobil Toyota Hilux-nya bersama seorang rekan berinisial AM. Mobil itu melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Jayapura menuju ke Entrop.

Namun tiba-tiba mobil kehilangan kendali dan keluar jalur ke sebelah kanan. Benturan keras pun tak terhindarkan. Mobil tersebut menabrak motor Bripka Christin. Korban tewas seketika. Kejadian tabrakan itu terekam dalam kamera CCTV. “Ada bukti rekaman CCTV, memang posisinya (mobil) sudah keluar jalur,” kata dia.

Polisi memastikan pengendara mobil itu adalah Wakil Bupati Yalimo. “Sesuai identitas di KTP (kartu tanda penduduk) status pekerjaan adalah Wakil Bupati Yalimo,” kata Gustav.

Ketika mengemudikan mobil, Erdi yang kembali mencalonkan diri di Pilkada 2020 diduga tengah berada di bawah pengaruh alkohol. “Kesimpulan sementara si pengemudi Toyota Hilux kurang berhati-hati dan mengemudi dipegaruhi minuman keras atau beralkohol,” ujar Gustav.

Polisi juga menemukan fakta, Erdi ternyata tak membawa surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK). “Sementara dari pengecekan SIM dan STNK nihil,” kata Gustav di Jayapura. Saat ini, Erdi menjabat sebagai wakil bupati Yalimo. Ia juga ikut dalam Pilkada Yalimo 2020. Erdi Dabi telah mendaftar sebagai calon bupati di KPU Yalimo. Ia didampingi Jhon W Wilil.

Gustav memastikan, kasus tersebut akan ditangani hingga tuntas meski pelaku adalah seorang pejabat. “Kasus kecelakaan ini dalam penanganan unit lalu lintas Polresta Jayapura Kota dan pelaku ED dalam tahap pemeriksaan lebih lanjut oleh penyidik satuan lalu lintas,” Sebut Kapolres (Hen)