Sosial

Pertama Kali “Boru Berutu” Masuk Kabinet Gubsu

Ros Ida Rohna Berutu, SKM, M. Kes (Berkacamata) usai pelantikan di kegubernuran

Sidikalang- Dairi Pers : Mungkin sepanjang sejarah kegubernuran Sumatera Utara keterwakilan Suku Pakpak langka dapat memasuki lingkaran “kabinet” gubernur. Apalagi untuk gender Mungkin  baru Ros Ida Rohna Berutu, SKM, M. Kes dipercayakan menduduki jabatan kepala bidang kesehatan masyarakat dinas kesehatan propinsi Sumatera Utara. Masyarakat Dairi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi atas keterwakilan suku ini di pemerintahan propinsi Sumatera Utara.

Dalam pelantikan pejabat pengisian eselon di jajaran pemprov sumatera Utara kamis 9 januari silam Ros Ida Rohna Berutu dipercayakan menduduki jabatan strategis di kegubernuran sekaligus mencatat putri Berutu pertama duduk di kabinet pemerintahan propinsi sumatera utara.

Pemilik gelar master kesehatan itu sebelumnya berkarir sebagai staf di kantor kegubernuran. Dan untuk sampai ke jenjang sekarang Putri yang lahir dan besar di Sungai raya kecamatan Siempat Nempu hulu, Kabupaten Dairi itu  hanya mempercayakan kemampuan dan prestasi kerja . Maklum sangat sulit memasuki jabatan di kegubernuran tanpa jaringan dan hubungan.

Namun demikian putri pakpak yang jarang dikenal di Dairi itu mampu menunjukkan warna sekaligus menorehkan keterwakilan keberagaman suku di sumatera utara mencatatkan suku Pakpak masuk dalam kabinet gubernur.

Saudara kandungnya Daslimson Berutu yang dikonfrimasi Dairi Pers perihal pengangkatan tersebut mengakui kalau Ros Ida Rohna Berutu adalah kakak kandungnnya. “ Secara pribadi dan keluarga saya menyampaikan kesyukuran. Meski mungkin jabatan demikian bagi beberapa orang belum pantas dibanggakan. Namun bagi kami yang memang lahir dan besar di desa di Dairi, itu sangat berarti. Tentunya sebagai suku Pakpak saya pribadi menilai dan mengapresiasi keterwakilan itu. Betapa indahnya memang jika semua suku yang ada di Sumut dapat terwakili dalam sebuah pemerintahan “ Sebutnya singkat (Hen)