Lokal

Perkantoran Dairi Akan Gunakan Tekhnologi Plasma

Fasilitas PDSP yang sudah distribusi disejumlah tempat

Sidikalang- Dairi Pers : Perkantoran di Dairi akan menggunakan Plasma Decontamination Station Protable (PDSP) yang kini sudah didistribusi di beberapa kantor. Namun bilik sterilisasi itu belum dapat digunakan karena masih menunggu instalasi , pelatihan dan serah terima barang.

Demikian disampaikan PPK  Lilis DP kepada Dairi Pers jumat (13/11) di kantor Dinas Kesehatan Dairi menanggapi PDSP disejumlah perkantoran. Didampingi kepala dinas Kesehatan Dairi dr  Ruspal Simarmata menguraikan PDSP sejumlah 70 unit yang ditempat disejumlah dinas dan layanan umum di Dairi .

Alat ini sebagai steriliasi untuk penanggulangan Covid 19 menggunakan tekhnologi Plasma dimana penggunanya cukup dengan melambaikan sensor untuk membuka tutup pintu  fasilitas. Selanjutnya melalui teknologi penggunanya akan dipandu di dalam ruangan sterilisasi untuk selanjutnya selama 10 detik disemprot ion plasma negative yang berfungsi  membunuh kuman , bakteri dan virus. Demikian selanjutnya penggunanya akan keluar dari bilik dengan pintu otomatis.

Menjawab mengapa fasilitas PDSP belum diaktifkan meski sudah tersebar disejumlah tempat diuraikan Lilis bahwa fasilitas itu masih menunggu perakitan instalasi listrik, serta pelatihan dalam penggunaan. “ karena ini menggunakan prinsip komputerisasi maka pengistalan, pelatihan masih tanggung jawab penyedia barang  sehingga belum dapat kita operasikan. Setelah semua kelar dan alat berfungsi sempurna maka serah terima barang, sebut Lilis.

Menanggapi alat disebut sebut tidak berfungsi dibantah karena memang fasilitas itu belum serah terima barang. Sampai sekarang belum terpasang instalasi listriknya jadi wajar disebut belum berfungsi, sebut Lilis singkat.

Penyedia bilik steriliasi ini Chandler , BE menerangkan kalau PDSP berbeda dengan bilik steriliasi yang menggunakan cairan disinfektan. “ Fasilitas ini sama sekali tidak ada cairan atau aroma. Namun ion negative yang dapat mengeluarkan  3 juta ion negative selama penyemprotan. Hal itu dapat diukur dengan alat ukur khusus yang disedikan penyedia barang, Jelasnya

Dikatakan menggunakan tehnologi plasma ini harus melalui pelatihan operator yang menjadi tanggung jawab penyedia barang. Kontrak kita hingga Desember dan masa perawatan selama 6 bulan. Semua kerusakan hingga batas masa pemeliharana menjadi tanggung jawab kami, sebut Chandler

Sementara itu pantauan Dairi Pers bilik PDSP sudah berdiri disejumlah instansi pemerintah namun belum dapat difungsikan. Mayortitas perkantoran belum mengoperasikannya dan jaringan listrik untuk fasilitas belum juga terpasang. (Agam)