Nasional

Penyerahan DIPA Dan TKDD 2021, Presiden : Fokus 4 Bidang

Pemkab Dairi ikuti penyerahan DIPA Dan TKDD secara Virtual

Sidikalang – Dairi Pers : Presiden  Jokowi dalam Penyerahan DIPA Dan TKDD 2021 mengatakan tahun 2020 merupakan tahun yang sulit dan tahun 2021 juga masih menghadapi ketidakpastian. Oleh karena itu, kecepatan, ketepatan dan akurasi harus tetap menjadi karakter setiap kebijakan.  Penyerahan Penyerahan DIPA Dan TKDD 2021 diselenggarakan secara Virtual Rabu (25/11).

Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu dalam acara penyerahan secara virtual tersebut didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Drs. Leonardus Sihotang, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Dekman Sitopu, SE, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah Ir. Hotmaida Butar Butar, MT serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. Junihardi Siregar, MM

Presiden  Jokowi dalam sambutannya  mengatakan bahwa APBN 2021 berfokus pada 4 hal, yakni Penanganan Kesehatan yang difokuskan pada vaksinasi Covid-19;  Perlindungan Sosial; Pemulihan Ekonomi, dan Reformasi Struktural.

Belanja pada APBN 2021 yang mencapai Rp 2.750 triliun, yang terdiri dari Belanja Kementerian dan Lembaga sebesar Rp 1.032 triliun, serta Transfer Daerah dan Dana Desa sebesar Rp 795,5 triliun, yang keseluruhan untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Belanja Pemerintah merupakan roda penggerak ekonomi. Oleh karena itu Saya harapkan kepada para Menteri, Kepala Lembaga dan Kepala Daerah untuk melakukan Reformasi Anggaran, serta memanfaatkan APBD dan APBN dengan cermat,” ucap Presiden.

Sementara itu  Menteri Keuangan yang hadir pada acara tersebut dalam laporanya menjelaskan bahwa penyusunan APBN 2021 dilakukan dalam situasi yang sangat menantang akibat covid-19 yang menyebabkan guncangan sangat hebat. Diantaranya dikatakan Menteri Keuangan yakni mobilitas manusia yang dibatasi, perdagangan global merosot, sektor keuangan global bergejolak, harga komoditas menurun tajam, dan bahkan ekonomi global masuk jurang resesi.  (Hen)