Kriminal

Pencurian Kayu di Hutan Register Tanah Pinem Marak

Kayu meranti Broti yang diambil dari hutan register Gunung Datuk

Sidikalang- Dairi Pers : Pencurian kayu di hutan register Dusun Gunung Datuk, Desa Liang Jering, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi marak. Aksi ini dilakukan tanpa hambatan sedang kayu diperjual belikan kepada masyrakat dan penampung.

Infromasi yang diperoleh Dairi Pers pencurian kayu dari hutan register daerah ini dilakukan sudah berlangsung lama . Aksi dikordinir seseorang dengan membiayai tukang chainswa  ke hutan register. Kayu yang menjadi sasaran adalah kayu yang dilindungi seperti meranti dan kayu berkualitas lainnya.

Tukang chainsaw diberangkatkan ke hutan dengan losgitik makanan dan minyak. Kadang mereka berhari hari di dalam hutan untuk mendapatkan kayu berkualitas.

Kayu ditebang dihutan dan diolah dengan chainsaw menjadi bahan baku seperti broti dan papan. Bahan baku dari kayu jenis meranti itu diangkut  dari hutan register dengan menggunakan mobil hartop . Kayu disusun sedemikian rupa dan mobil ini melintasi medan yang cukup berat untuk tiba di desa sebelum kayu dipasarkan.

Infromasi yang diterima dari warag setempat menyebutkan untuk satu ton kayu bahan broti dijual Rp. 5 juta rupiah. Kayu terkadang dipasarkan ke luar desa Liang jering namuns etelah lebih dahulu disimpan di desa.

Aksi pencurian kayu ini disebut sudah berlangsung lama dan tidak pernah tersentuh hukum. (Hen)