Peristiwa

Pasien Dairi Bisa Rujuk ke RSU Karo, Gubsu: Menolak Langsung Lapor ke Saya

Bupati Dairi di ruang kerjanya Vicon dengan Gubsu

Sidikalang-Dairi Pers :  Pemprovsu kini memperluas jumlah rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Sumatera Utara . Daerah yang berdekatan diminta kerjasama . RSU rujukan wajib menerima pasien dari kabupaten lain. “ Bagi yang menolak langsung lapor kepada saya” sebut Mantan Pangkostrad ini saat  video confrence (vicon) bersama  Bupati dan Walikota se-Sumut, Senin (6/4). 

Vicon yang digelar rutin itu untuk meminta data dan perkembangan penangana virus Covid-19 di masing masing kabupaten tingkat II se sumut. Dalam Vicon ini semua daerah diminta melaporkan perkembangan . langkah dan kendala yang dihadapi di masing masing daerah.

“Saya baru selesai berbicara dengan pihak rumah sakit,  beberapa dokter dan pihak medis , ada 5 simpul Rumah Sakit Rujukan diantaranya Kaban Jahe, Tapanuli Utara,  Padang Sidempuan, Simalungun dan Nias untuk menjawab keterbatasan dan jarak tempuh dari wilayah kabupaten lain yang ingin melakukan rujukan,” ujar gubernur. 

Dikatakan Pemprovsu  telah menambah lagi simpul rumah sakit yang tersebar di wilayah Sumut untuk  menjadi rumah sakit rujukan bagi pasien yang dinyatakan positif corona dengan fasilitas kesehatan yang diharapkan mampu menangani pasien yang terpapar virus Corona agar jarak tempuh semakain dekat dan  tidak lagi harus ke kota Medan .

Jika ada pasien positif corona di daerah se-Sumut yang kondisinya parah ,Rumah sakit terbaru  sudah disiapkan di Medan Rumah Sakit (RS) Martha Friska yang berada di Jalan Multatuli. Semua pasien adalah saudara kita sebagai warga Sumut dan harus kita bantu,” sebut Gubsu

Bupati Dairi

Sementara itu Bupati Dairi DR Eddy Berutu usai Vicon menyampaikan pemkab Dairi sudah menjalin sinersitas dengan pemkab karo yakni RSU  kabanjahe sebagai rujukan bagi paisen Covid-19. Dikatakan melihat status RSUD Dairi yang saat ini masih memiliki fasiltas kesehatan dan  infrastruktur  minim dengan  Rumah Sakit Tipe C belum dapat  dijadikan sebagai rumah sakit rujukan bagi pasien yang dinyatakan positif Corona.

“ Kita sudah berbicara dengan Bupati Karo dan mereka siap . Kita ingin  agar tidak ada lagi warga Dairi yang menjadi korban virus corona yang sampai kehilangan nyawa.  Kita tidak berharap namun ketika ada warga Dairi yang dinyatakan positif Corona,   rujukan langsung  dilakukan sehingga  penanganannya lebih cepat . Kita akan mengikuti arahan gubernur  dan Karo memang salah satu rumah sakit terdekat dengan Dairi” sebutnya.

Meski demikian DR Eddy Berutu menyampaikan hal terbaik adalah menjaga dan mengantisipasi Virus. “Meski sudah ada RS Rujukan namun tekad kita jangan ada lagi di Dairi indikasi penyakit ini karena  satu saja terkena maka sangat berat untuk tracking mencari orang orang yang  pernah berhubungan dengan pasien. Jadi saya meminta semua warga Dairi menjaga diri, mentaati aturan pemerintah dan usahakan di rumah saja” sebutnya. (Hen)