Kriminal

Operasi Rutin Polsek Kota Sidikalang Antisipasi Copet & Hipnotis

Personil Polsek Kota Patroli Dialogis di pusat Pasar Sidikalang

Sidikalang- Dairi Pers : Praktek hipnotis dan copet yang beberapa kali terjadi di pusat pasar Sidikalang menjadi perhatian polres Dairi. Melalui polsek Kota Sidikalang secara rutin melakukan operasi rutin mendatangi dan berkeliling di pusat pasar Sidikalang pada hari pekan Sabtu dan Rabu. Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan rasa nyaman warga yang tengah berbelanja dari copet dan hipnotis yang pernah terjadi.

Patroli Dialogis sabtu (6/7) di pusat pasar Sidikalang dilakukan Kanit Sabhara Aiptu JH.Simangunsong, unit Reskrim Bripka R. Lbn Gaol, Bripka L. Sianturi, Bhabinkamtibmas  Bripka R. Simamora dengan penanggung jawab kegiatan Kapolsek Sidikalang Kota AKP J. Malau

Patroli Dialogis yang dilakukan rutin dengan berkeliling dan bersilaturahmi dengan pedagang, warga yang berbelanja  dan juru parkir diseputaran pusat pasar. Silaturahmi yang dilakukan berupa pesan pesan kamtibmas dan tetap waspada selama berbelanja.

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi praktek hipnotis dan mempersempit ruang gerak copet yang mungkin berada di pusat pasar yang sedang mengicar calon korban .

Hipnotis

Kasus Kejahatan memperdaya korban dengan menggunakan wadah hipnotis  beberapa kali terjadi di pusat pasar Sidikalang. Umumnya praktek demikian terjadi pada saat hari pekan jelang hari besar seperti jelang tahun baru atau lebaran.

Dalam beberapa kasus yang berhasil tertangkap umumnya pelaku berasal dari luar Dairi dengan model kawanan.  Para tersangka pelaku bergerombol dengan berbagi peran hingga terkesan rapi. Calon korban diperdaya dengan menggunakan ilmu supranatural hingga korban berhasil diperdaya hingga rela menyerahkan harta bendanya. Korban baru sadarkan diri beberapa waktu kemudian.

Hal serupa juga nyaris sama untuk kasus copet. Umumnya kawanan pelaku berasal dari luar kabupaten Dairi yang beroperasi saat kegiatan pasar sedang ramai. (Hen)