Peristiwa

OPD Corona Kabur Dari RSUD Dairi Ditemukan

RSU Dairi

Sidikalang- Dairi Pers : HP (34) laki-laki, penduduk Desa Mblang Malum, Sidikalang, kabupaten Dairi yang diketahui merupakan saudara kandung pasien positif Corona yang kini dirawat di Medan diketahui melarikan diri dari RSU Dairi jumat (27/3) sekira pukul 17.30 WIB akhirnya ditemukan dan sejak tadi pagi sabtu (28/3) sudah kembali menjalankan isolasi diri di RSU Dairi.

Demikian juru bicara Tim penanggulangan Covid 19 Dairi dr Edison Damanik dalam siaran persnya  sabtu (28/3). Dikatakan ODP ini berhasil ditemukan dan diberikan pemahaman akan kondisi sekarang sehingga kembali bisa menenangkan diri. Tim yang diturunkan Polres Dairi,  Satpol PP dan  Tim RSUD Dairi.

Dr Edison Damanik menguraikan kronologis ditemukannya ODP ini yakni  jumat (27/3) Sekitar pukul 18.00 WIB petugas RSUD atas nama Irfan melihat pasien berada di jalan FL. Tobing,  Sidikalang. Temuan itu langsung dilaporkan kepada Tim Penanggulangan Covid 19 Dairi . segera Polisi dan Satpol PP melakukan kerjasama mencari keberadaan pasien di seputaran Sidikalang sampai pukul 22.50 WIB dan Pada pukul 22.50 WIB Sekretaris Desa Blang Malum  Anjas Manik melihat pasien berada di rumahnya di Desa Mblang Malum.

Tim segera menuju rumah pasien dan Setelah dilakukan negosiasi dan petugas memberikan pemahamam atas dampak buruk yang dapat diakibatkan dari kaburnya si pasien terhadap masyarakat banyak, akhirnya petugas berhasil membujuk si pasien dan tim RSUD sudah siap dengan peralatan APD yang lengkap. Namun untuk kekondusifan situasi pihak keamanan memutuskan ODP dimaksud besok pagi dibawa kembali ke ruang isolasi RSUD.

Pemerintah Kabupaten Dairi meminta kepada masyarakat Kabupaten Dairi agar sama-sama mencegah penyebarluasan virus corona disease (covid-19) ini dengan masyarakat patuhi kebijakan terkait penyebaran Covid 19 dengan cara mengatur menjaga jarak, mengurangi aktivitas di luar dan menghindari kerumunan.

HP dengan status ODP itu menjalani isolasi di RSUD sekaitan dengan keluarganya JP yang baru kembali dari Malaysia sebagai TKI dinyatakan positif corona. JP sendiri tengah menjalani pengobatan di RSUP Adam Malik Medan.

Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Dairi dr Edison Damanik menyebutkan dengan ditemukannya pasien ODP ini maka warga diminta tidak  resah dan semua terkendali. (Hen)