Lokal

Ny Romy Mariani Buka Diklat Tutor PAUD

Ny Romy Mariani di Diklat Tutor PAUD

Sidikalang- Dairi Pers :  Bunda Paud Kabupaten Dairi, Ny. Romy Mariani membuka Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Dairi Gelombang I tahun 2021 yang diadakan di Hotel Berristera, Kamis (14/10/2021). Sebanyak 40 orang tutor PAUD mengikuti Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Gelombang Pertama selama 4 hari yang berasal dari tutor PAUD se-Kabupaten Dairi.

Diklat ini dengan arasumber dari Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Sumatera Utara Eli Tohonan Tua Pane, MP.d, Evarita Parhusip S.Pd, dan Julita Desiana Panggabean S.Pd.

Ny. Romy Mariani dalam arahannya menyampaikan  dalam kondisi covid-19, PAUD Kabupaten Dairi masih bisa melaksanakan program yang sangat produktif ini untuk meningkatkan kompetensi tutor PAUD di Kabupaten Dairi. “Indonesia berkomitmen dengan menandatangani pemenuhan hak anak, ini sangat berpengaruh dimana TPB/ SDGs (Sustainable Development Goals) merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat yang salah satu tujuan yaitu penyelenggaraan pendidikan”, sebutnya

Diuraikan PAUD di Kabupaten Dairi dikembangan dengan konsep holistik integratif, Kabupaten Dairi merupakan salah satu yang pertama  melakukan pengukuhan Pokja Bunda PAUD setelah Sumatra Utara. “Dengan demikian kita berharap PAUD Desa terjadi advokasi, terjadi sosialisasi terhadap orang tua yang memiliki anak usia dini. Kompetensi Tutor PAUD sangat perlu ditingkatkan karena golden age anak adalah usia nol sampai enam tahun dimana sel-sel otak manusia  itu berkembang secara pesat makanya pendidikan usia dini itu paling penting”, ujarnya

Bunda PAUD berharap kepada seluruh peserta diklat berjenjang tingkat dasar agar mengikuti dengan baik dan bertanyalah sebanyak mungkin untuk menambah pengetahuan.

Sementara  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi Drs. Jonni Waslin Purba dalam laporannya  menyampaikan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Dairi pada tahun 2019-2024 menetapkan program pembangunan pada sektor sumber daya manusia termasuk tutor PAUD. “Walaupun diperjalanan dua tahun ini kita tidak diuntungkan dengan pandemi Covid-19, keterbatasan anggaran namun pemerintah Kabupaten Dairi tetap komit, karena kalau sumber daya manusia sudah  meningkat ini akan dibarengi dengan meningkatnya pendapatan dan ekonomi. Salah satu yang kita laksanakan hari ini adalah peningkatan kompetensi dasar tutor PAUD”, ucap Kadis Pendidikan Dairi. (Erick Sirait)