Sains

“Nangguru” Buku Perspektif Suku Pakpak Launching

suasana usai focus discussion dan launching buku Nangguru

Jakarta- Dairi Pers : Buku perspektif suku Pakpak yang terdiri dari empat buku diterbitkan  dalam buku bertajuk “Nangguru”. Launching buku yang ditulis oleh seorang putri Pakpak Anna Martyna Sinamo itu dilangsungkan di Jakarta dirangkai dalam Focus Group Discussion percepatan pembangunan kabupaten Pakpak Bharat dan Dairi yang dihadiri langsung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Bupati Dairi DR Eddy Berutu , PJ. Bupati Pakpak Bharat Asren Nasution bersama tokoh tokoh Pakpak se Jabodetabek Minggu (8/9).

Focus Group Discussion ini dimeriahkan sejumlah sanggar tari dan menampilkan adat budaya Pakpak. Tampak hadir Mr Etos Jansen Sinamo, tokoh Pakpak Jabodetabek yang juga ketua Ikepada Bachtiar Ujung serta sejumlah tokoh berpengaruh.

Penulis Buku Nangguru  Dra Anna Martyna Sinamo yang diwawancarai Dairi Pers via  ponsel senin (9/9) menguraikan buku “ Nangguru” berisi tentang pakpak masa lalu, masa kini dan bagaimana Pakpak masa mendatang dalam perpektif kajian dan pengembangan. Nangguru terdiri dari 4 buku yang memuat tentang budaya dan adat istiadat Pakpak sebagai salah satu suku di Republik Indonesia.

“ Saya sudah 8 bulan menyusun buku tersebut namun dibutuhkan waktu bertahun tahun untuk melakukan kajian, obeservasi hingga penelitian. Saya berharap deegan buku ini dapat menjadi referensi bagi pembaca. Menjadi motivasi dan sugesti bagi masyarakat Pakpak untuk merenung diri dan bangkit untuk sejajar dengan suku suku lain di negeri ini dan di dunia, Jelasnya.

Saya mengangkat budaya, adat serta kearifan lokal suku Pakpak yang sesungguhnya sangat luar biasa meski jarang dipublikasikan. Suku yang unik namun terbuka untuk perubahan dengan segala akses positif dan negatifnya terhadap suku itu sendiri, Tambahnya

“secara pribadi saya sampaikan kebanggaan sebagai salah seorang putri Pakpak yang bisa menyelesaikan buku ini. Saya merasa bangga sebagai putri Pakpak pertama yang bisa menerbitkan buku kajian tentang budaya Pakpak. Semoga isi dan apa yang terkandung didalamnya dapat menginspirasi semua orang untuk menjaga betapa tingginya budaya Pakpak. “silahkan bagi yang berminat dapat memilikinya. Dalam waktu dekat marketing pemasaran buku akan kita jalankan” jelasnya.

Masih menurut Anna Menanggapi launching buku tersebut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan selamat dan sukses atas buku tersebut. Dikatakan literatur buku tentang pakpak masih sangat terbatas. Semoga terbitnya buku “Nangguru” menginspirasi banyak pihak khususnya suku Pakpak

Sedang bupati Dairi DR Eddy Berutu menyampaikan tidak mudah menyusun buku sebagai salah satu karya abadi yang akan terus menjadi sumber ilmu dan pengetahuan. Dikatakan Bupati Dairi tersebut kalau banyak hal yang harus dipersiapkan, memakan waktu lama dalam penelitian . Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan  hingga terciptanya sebuah buku. Untuk itu dikatakan langkah penulis Anna Martyna Sinamo sebuah langkah positif memberikan karya terbaik untuk diri sendiri, komunitas dan negeri ini, (Hen)