Lokal

Multi Year, TPA Bintang Sistim Sanitary Landfill

tinjau TPA

Sidikalang- Dairi Pers : Pemerintah Kabupaten Dairi sedang melakukan persiapan pelaksananan pembanguan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Bintang. Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat RI melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut melakukan kunjungan ke lokasi rencana pembangunan TPA, Rabu (12/8) di Desa Bintang, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Pembangunan TPA Bintang masuk dalam TA 2020-2021 dengan anggaran Rp 19 M dan pelaksanaan pekerjaan dengan system multi years. TPA akan dibangun di atas areal seluas ± 4,5 Ha.

Bupati Eddy Berutu menyebutkan Pembangunan TPA Bintang sempat terkendala karena beberapa readiness criteria atau kesiapan persyaratan yang belum dapat dipenuhi Kabupaten Dairi. Namun, dengan komunikasi maka pembangunan TPA Bintang dapat berjalan di tengah kondisi Covid-19.

“Kita harapkan, dalam pelaksanaan pembangunannya dapat melibatkan warga setempat, memberdayakan tenaga kerja lokal. Tahapan pekerjaan dapat dilakukan dengan baik, sehingga limbah cair tidak akan mencemari lingkungan dan melaksanakan penanaman pohon aren dan bambu untuk mencegah terjadinya erosi,” sebut Bupati

Dikatakan TPA Bintang tersbut  menggunakan system sanitary landfill karena sudah sangat dibutuhkan untuk menggantikan TPA Karing yang sudah tidak mampu lagi menampung volume sampah Kabupaten Dairi yang setiap harinya semakin meningkat seiring dengan pertambahan penduduk dan pertumbuhan ekonomi.

Dalam kesempatan itu  Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah Kabupaten Dairi  diminta untuk melakukan kajian tentang pemanfaatan gas metan menjadi energi terbarukan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dairi untuk dapat belajar kepada daerah yang telah memiliki jenis TPA yang sama, sehingga TPA Bintang dapat berfungsi secara maksimal. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Dairi untuk melanjutkan pengecoran jalan menuju TPA Bintang.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut, Ramaddan, menyampaikan bahwa pekerjaan TPA Bintang dilaksanakan secara multiyear yang direncanakan rampung pada akhir Maret Tahun 2021. Beberapa sarana dan prasarana yang akan dibangun diantaranya; rumah jaga, kantor, timbangan, tembok penahan, landfill 1 shell, Instalasi Pengolahan Limbah dan sumur resapan. (Hen)