Bisnis

Mengangkat Kopi Dairi di Masa Pandemik

Webinar Kopi Dairi di masa Pandemik

Sidikalang- Dairi Pers : produksi dan pengembangan Kopi di Dairi tidak terpengaruh ditengah pandemik Covid-19. Namun demikian dalam pemasaran dirasakan ada penurunan sehubungan dengan melemahnya pendapatan dunia. Namun demikian Bupati Dairi DR Eddy Berutu dalam Web seminar kamis (9/7) menyampaikan sejumlah ide dan pandangan mempertahankan dang mengangkat kembali kopi Dairi.

Bupati Eddy dalam webinar ini  di dampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Charles Bancin, Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi Lipinus Sembiring, perwakilan dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi serta dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Dairi.

Dalam paparannya menyampaikan strategi pemasaran  ditengah pandemik . Dikatakan produksi kopi Dairi  terus berjalan mulai dari proses perawatan hingga pasca panen berjalan normal. Namun yang berdampak  adalah proses pemasarannya.

Isu pemasaran dikatakan Bupati bukan hanya di Indonesia namun sudah menjadi isu global dimana permintaan dan penawaran (supply dan demand) tidak seimbang.

Dalam rangka pemasaran kopi arabika, Bupati mengatakan telah melakukan pendekatan dengan Bank Indonesia dan akan melakukan penandatanganan kerjasama. Beberapa bentuk gagasan dalam perjanjian kerjasama tersebut dikatakan diantaranya adalah akan mengadakan Festival Virtual Kopi Sidikalang dan menurut Bank Indonesia sudah dilakukan dan di ujicoba di Negara Belanda.

“Dalam virtual itu nantinya akan ada kelas tertentu tentang budidaya kopi termasuk kelas tentang barista,” katanya

Gagasan berikutnya online coffee store yakni menjual dan membeli bubuk kopi secara online oleh para UMKM dan para petani dalam memasarkan produk Kopi Sidikalang . “Mari optimis, mari yakin, kita harus merubah  cara kita bekerja sehingga masa depan yang cerah di sektor pertanian” Sebutnya

Turut menjadi nara sumber Irwansyah Panjaitan dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Kepala Bidang Pengendalian, Pengawasan Sarana Distribusi Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Dairi. Turut hadir para pelaku usaha Kopi arabika baik yang ada di Dairi maupun dari luar Dairi. ( Ipen)