Hukum

Mantan Kapolres Dairi Raih Gelar Doktor

AKBP Dedy Tabrani

Jakarta- Dairi Pers : Mantan Kapolres Dairi AKBP Dedy Tabrani meraih gelar doktor dengan predikat summa cum laude dengan nilai 98,66 dan berhasil menyelesaikan pendidikan dalam waktu 2 tahun 4 bulan. Alumni Akpol 1999 ini mengangkat disertasi berjudul ‘Terorisme Keluarga: Pendekatan Interdisipliner Tentang Jaringan Ulama Kekerasan dalam Serangan Terorisme Bom Bunuh Diri Sekeluarga di Surabaya, 2018’.

AKBP Dedy Tabrani yang pernah menjabat kapolres Dairi itu mencuat setelah dia berhasil menembak seorang teroris bom Sarinah pada 2016.

Kini Wakapolresta Tangerang tersebut telah meraih gelar doktor pada Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK) Jakarta.

AKBP Dedy Tabrani Sidang promosi doktor secara daring dipimpin Kombes Pol Dr Hadi Purnomo dengan Sekretaris AKBP Dr Benny Maringan Saragih. Lima tim pengujinya adalah Prof Dr Burhan Djabir Magenda, Prof Dr Abdul Gani Abdullah, Dr Reza Idria, Dr Sidratahta Muhtar, dan Dr Herdy Sahrasad.

Promotor dalam sidang yang berlangsung pada Rabu 14 Oktober 2020 adalah Dr Achyar Yusuf Lubis dengan Co-Promotor Noorhuda Ismail, Ph.D dan Angel Damayanti, Ph.D.

Dalam sidang promosi doktoral itu, Dedy Tabrani mampu mempertahankan disertasinya dan resmi menyandang gelar doktor.

Pria kelahiran Banda Aceh, 15 Oktober 1976 ini pernah menduduki beberapa jabatan di antaranya Kapolsek Metro Tambora, Kapolsek Metro Menteng, Analis Kebijakan Muda Polres Metro Jakarta Pusat, ‎Kapolres Dairi, ‎Kapolres Purwakarta, Pamen Korbrimob Polri, Pamen Lemdiklat Polri, Wakapolresta Tangerang.

Dedy mengaku tertarik mengambil disertasi tentang terorisme karena latar belakangnya awal bertugas adalah di Gegana Antiteror yang kemudian membuatnya banyak belajar tentang ilmu kepolisian, terorisme, dan intelijen. (hen)