Kriminal

Maling Kerbau Nyaris Tewas Diamuk Massa di Lae Pinang, Dairi

Tersangka TS warga Tanah Karo yang diamuk massa

Sidikalang- Dairi Pers : TS (51) warga tanah karo yang sehari akhirnya berada di sungai raya nyaris tewas diamuk massa saat terpergok mencuri ternak kerbau warga di Lae Pinang, kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi jumat (1/11) sekira pukul 2.30 WIB. TS terpergok dan diamuk massa saat menggiring ternak kerbau milik Ramadhan Bintang warga bintang mersada, Sidikalang.

Informasi yang berhasil diperoleh Dairi Pers dari tempat kejadian perkara menuturkan daerah ini sering disatroni maling peralatan alat pertanian dari dangau. Seringnya kemalingan di desa ini membuat warga sering berjaga malam di dangau. Malam naas ini dituturkan Simarmata dan Limbong warga yang berhasil membekuk TS menyebutkan sekitar pukul 22.00 WIB tadi malam melihat satu mobil pik ap jenis grand max masuk ke jalan utama lae pinang dengan gelagat mencurigakan karena tanpa menyalakan lampu.

Warga yang tengah berjaga di ladang bergerak melihat mobil mencurigakan itu. Setahu bagaimana senter warga yang menyala mungkin terlihat pengemudi pik ap yang selanjutnya menyalakan lampu mobil dan tancap gas.

Warga yang merasakan ada gelagat tidak beres itu akhirnya memperketat penjagaan dan menginformasikan kepada pemilik ladang lainnya untuk berjaga di dangau masing masing.

Sekitar pukul 02.40 WIB justru terlihat seseorang berjalan menarik kerbau di jalan lae pinang.  Saat didekati tersangka TS yang menarik kerbau betina tersebut mulai panik. Warga mengetahui kalau pemilik kerbau di daerah itu hanya satu orang atas nama Ramadhan Bintang. Tidak perlu lama akhirnya tersangka digebukti massa setelah melihat tali kerbau sepertinya bekas potongan senjata tajam.

TS yang sudah berambut putih itu akhirnya dihakimi massa. Sedang tak jauh dari tempat TS dipergoki terlihat satu mobil pik ap yang sepertinya diduga sudah siap akan menaikkan kerbau ke mobil tersebut. Melihat massa sudah tidak terkendali langsung pengemudi mobil pik ap melarikan diri dengan tancap gas ke arah km 2 Sidikalang.

Disebutkan warga sempat menghentikan mobil dengan memukul kaca mobil namun tidak berhenti. Disebutkan plat mobil tersebut ditutup agar dapat mengelabui.

Tersangka TS akhirnya diboyong warga ke kompleks depan mesjid bintang menunggu aparat polisi yang sebelumnya sudah dihubungi warga.

Polisi yang tiba dilokasi langsung mengamankan tersangka dan barang bukti satu ekor kerbau yang coba dicuri tersangka. Polisi mengamankan tersangka ke mapolres Dairi sedang pemilik kerbau membuat pengaduan.

Diuraikan kerbau yang coba dicuri tersebut berada di areal sawah yang tidak jauh dari jalan raya lae pinang. Di lokasi  ini ada dua ekor kerbau berada. Namun satu ekor kerbau betina digeret tersangka sedang satu ekor lagi ditinggalkan. “ Biasanya kerbau tersebut bermalam disana” sebut warga. (Hen)