Peristiwa

Longsor, Jalur Silalahi Tertutup 6 Jam

Longsor ke Silalahi dan Bupati Dairi DR Eddy

Sidikalang- Dairi Pers : Agaknya curah hujan tinggi yang mengguyur Dairi telah berdampak banyaknya terjadi longsor hingga mengganggu lalu lintas. Jalur Lae Pondom- Silalahi diketahui longsor Rabu (13/1/2021) sekira pukul 05.00 WIB. Jalur ini sempat tertutup selama 6 jam. Untung  gerak cepat Dinas PUPR dan BPBD Dairi menyisihkan longsoran hingga jalan ini pada tengah hari sudah dapat dilalui.

Sekcam Silahi Sabungan Iwan Simarmata yang dikonfrimasi berkaitan dengan longsor yang terjadi menyebutkan sekitar 50 meter setelah obyek wisata aek  sipaulak hosa.  Materi longsoran berupa bebatuan dan pohon. “ Ini longsoran tebing ke bahu jalan, jadi  bukan bahu jalan yang longsor. Kita langsung melaporkan ke kabupaten dan langsung alat milik pemkab Dairi turun ke lokasi” sebut Iwan

Sementara itu kepala Dinas PUPR Dairi Anggara Sinurat, ST yang dikonfrimasi Dairi Pers menyebutkan atas perintah Bupati Dairi DR Eddy Berutu langsung berkordinasi dengan BPBD Dairi. “ Kebetulan satu alat berat kita tengah berada disimpang lae pondom untuk berjaga jaga. Dengan kejadian longsor alat berat yang standby  langsung kita turunkan bersama satu dump truk. Longsoran sekitar 50 meter dan dikerjakan sekitar 6 jam” jelasnya.

Jalur ini menjadi jalan satu satunya warga kecamatan silahi sabungan yang singkat jika ingin ke sumbul atau Sidikalang. Padahal dari kecamatan ini pada pagi hari aktifitas perekonomian lumayan . Sehingga  Bupati langsung menargetkan kami paling lama sehari jalur harus normal kembali.  Karena memang jika jalan ini tertutup maka warga silalahi harus memutar jauh melalui tongging untuk bisa ke sumbul atau  Sidikalang, sebutnya.

Dikatakan Anggara material longsoran berupa batu batu besar sehingga membutuhkan alat berat dan dumptruk untuk memindahkan ke lokasi yang aman. “ Spesifikasi tebing bukit lae pondom itu bebatuan besar maka alat yang diturunkan juga harus alat berat.  Syukur sejak siang tadi sudah lancar kembali. Namun kita meminta pengguna jalan yang melintasi jalur agar berhati hati karena masih mungkin ada longsoran susulan terlebih hujan masih terus berlangsung di Dairi” sebut Anggara

Wisata & Pertanian

Kecamatan salahi sabungan menjadi salah satu daerah wisata yang menjadi perhatian Bupati Dairi DR Eddy Berutu. Kecamatan ini merupakan kecamatan yang paling sering dikunjungi Bupati dalam mempromosikan potensi wisatanya termasuk pertanian bawangnya yang unik diantara bebatuan.

Dari kecamatan ini dikenal sebagai produsen bawang merah sedang hasil pantainya berupa ikan mas dan nila dari usaha jaring apung warga. Kecamatan ini juga tengah diprioritaskan pengembangan kerajinan tenunan khas warga. (Hen)