Sains

Lomba LH, DR Eddy : Sedini Mungkin Pentingnya Lingkungan Hidup

Bupati Dairi DR Eddy Berutu Selfi bersama siswa dalam perlombaan Pengetahuan lingkungan hidup

Sidikalang- Dairi Pers : Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu mengangkat pentingnya kesadaran akan menjaga lingkungan hidup sedini mungkin. Dikatakan kalau kerusakan lingkungan hidup sangat berhubungan dengan kesehatan manusia dan biaya penjagaan dan perawatan kesehatan manusia.

Demikian disampaikannya saat perlombaan  Pengetahuan Lingkungan Hidup tingkat SD dan SMP sederajat dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Akademi Perawat Dairi Sitinjo (30/8). Dikatakan Bupati bumi hanya sebagian kecil dari keseluruhan galaksi dan  Kabupaten Dairi hanya bagian kecil saja dari Asia Tenggara dan NKRI. Jadi dapat dibayangkan betapa sangat kecil dari alam semesta . “Alam semesta ini dititipkan Tuhan kepada kita, kalau tidak dirawat akan menjadi boomerang bagi kita” sebutnya

Dikatakan tema peringatan hari lingkungan biru langit menggambarkan upaya untuk mengendalikan polusi udara yang sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi menjadi lebih hijau, untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor maka upaya untuk membuat kota hijau dengan memperbanyak ruang terbuka hijau.

Untuk skala nasional pemerintah juga melakukan pengendalian polusi udara,antara lain dengan penerapan penggunaan bahan bakar bersih dengan bahan bakar setara standar euro 4. Penggunaan bahan bakar yang lebih bersih ini berpotensi menurunkan tingkat emisi CO sebesar 55% atau 280.721,8 ton/tahun, pengurangan emisi sulfur dioksida dan sekaligus memberikan keuntungan ekonomi sebesar Rp. 1.970 trilyun dari pengurangan biaya kesehatan.

Sedang  isu-isu strategis lingkungan yang dihadapi Kabupaten Dairi saat ini yakni degradasi hutan dan lahan, penyediaan air bersih, sanitasi lingkungan dan masalah persampahan. “Kesadaran masyarakat atas pentingnya pelestarian lingkungan harus lebih ditingkatkan lagi, sehingga dibutuhkan pendidikan lingkungan yang harus dimulai dari usia dini seperti lomba pengetahuan lingkungan hidup yang tengah dilaksanakan merupakan upaya jangka panjang dengan harapan generasi muda ini nantinya akan menjadi pemimpin yang peduli terhadap lingkungan dan diharapkan dapat menambah semangat untuk senantiasa memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan “ ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Posma Tua Manurung  S.Sos menyampaikan hari lingkungan hidup sedunia dirayakan pada tanggal 5 juni setiap tahunnya. Tujuan akhir dari kegiatan ini mencari tim terbaik yang dimana nantinya akan diutus ke Provinsi Sumatera Utara. “Bahwa Kabupaten Dairi di tingkat Provinsi Sumatera Utara saat ini sangat disegani karena setiap tahun dari perlombaan yang dilaksanakan kita tetap mendapatkan juara I”  katanya

Kadis menyebutkan  menyampaikan kepada pelajar yang mengikuti lomba untuk berkompetisi dengan baik dan kepda tim juri untuk menilai dengan jujur karena  pelajar ini yang akan diutus untuk mengikuti lomba yang nantinya akan membawa nama baik Kabupaten Dairi. Kegiatan ini juga dirangkai dengan pemberian bibit pohon pelindung kepada para pelajar yang mengikuti lomba, serta penanaman bibit pohon oleh Bupati Dairi (Ipen)