Peristiwa

Lobby Food Estate ke Gubsu , Bupati Eddy Dapat Lampu Hijau

Gubsu dan Bupati Dairi didampingi kepala Bappeda Dairi

Humbang- Dairi Pers : Bupati Eddy Berutu menyampaikan permohonan dukungan Gubsu Edy Rahmayadi untuk mengikutkan kabupaten Dairi dalam Food Estate sumut . Alasan kuat eddy berutu karena  Lahan pertanian yang subur dan petani yang ulet yang dimiliki Dairi .  Hal itu menjadi  modal Bupati dalam meyakinkan pemerintah propinasi dan Pemerintah Pusat. Berkenaan dengan itu Bupati Dairi berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, untuk membahas posisi Dairi bersama Bapak Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Pertemuan Bupati Dairi di sela-sela kunjungan Presiden dalam rangka meninjau lokasi lahan food estate di Humbang Hasundutan Sumatera Utara.

Pertemuan dengan Gubernur Edy Rahmayadi dihadiri oleh Kepala Bappeda Kabupaten Dairi Hotmaida Butarbutar dan Plt. Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Sumut Herianto. Dari pertemuan ini Gubernur memerintahkan jajaran Dinas Lingkungan Hidup Propinsi dan dinas terkait lain untuk bersama- sama dengan Pemkab Dairi melakukan indentifikasi dan persiapan pengalihan fungsi lahan di Kabupaten Dairi menjadi bagian dari food estate nasional di Provinsi Sumatera Utara.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam keterangannya kepada wartawan usai mengantar rombongan Presiden RI di Bandara Silangit menyebutkan bahwa khusus food estate ini, produksinya diperkirakan akan memenuhi kebutuhan komoditas sebagaimana dimaksud untuk Sumut hingga Pulau Sumatera.

 “Kalau ini jadi, itu baru memenuhi (kebutuhan) di Sumatera. Ini yang harus kita kembangkan. Dengan kehadiran Presiden, ini sebagai motivasi bagi kita. Untuk lahannya ada dan tidak masalah dan sedang dalam proses,” ujar Edy, sekaligus menyampaikan bahwa lahan di Sumut cukup luas untuk mewujudkan provinsi yang agraris. (Hen)