Lokal

Launching Bus Sekolah Gratis, Terimakasih Pemkab Dairi

Bupati Dairi DR Eddy Berutu melepas Bus sekolah gratis di Lae Pinang

Sidikalang- Dairi Pers : Pemkab Dairi melakukan terobosan memberikan bus sekolah gratis untuk mengangkut siswa berangkat dan pulang sekolah. Launching bus sekolah gratis ini dilakukan Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu di lae pinang  kecamatan Sidikalang kabupaten Dairi sabtu (3/7). Bupati langsung menyapa siswa yang sudah berada di dalam bus yang disambut terimakasih dari siswa.

Bupati Dairi DR Eddy sebelum melepas bus secara simbolis mengatakan Program Bus Sekolah Gratis telah di mulai pada tangggal 17 Juli 2019 silam  dimana Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Perhubungan masih melayani 1 rute, yakni Desa Lae Pinang – Sidikalang dan telah melakukan 15 hari perjalanan pulang pergi serta mengangkut sekitar  3.346 siswa Diperhitungkan sekitar  223 orang setiap hari diangkut

.Menurut Bupati disamping membantu melayani masyarakat, program ini juga bertujuan untuk mengurangi pengggunaan kendaraan pribadi bagi pelajar . Kurangnya ketersediaan transportasi umum dibeberapa jalur membuat pelajar terpaksa menggunakan sepeda motor ke sekolah . Padahal kebanyakan siswa belum cukup umur dan belum memiliki SIM .

Kondisi itu membuat pelajar berada dalam resiko yang cukup tinggi karena secara mental belum siap berkendara di jalan raya. “Kebijakan-kebijakan baru yang dilakukan oleh Pemerintah mungkin saja belum dapat memuaskan semua unsur, mari semua pihak terkait agar berperan aktif secara bersama dalam mensosialisasikannya sehingga dapat berjalan dan bersinergi terutama dalam mensukseskan visi Pemerintah Kabupaten Dairi Mewujudkan Dairi Unggul Yang Mensejahterakan Masyarakat Dalam Harmoni Keberagaman” sebutnya.

 Sementara itu Fasilitas bus gratis masih diperuntukkan untuk jalur tertentu yang kendaran umum jarang bahkan tidak tersedia . Dengan demikian masalah transpostasi anak sekolah yang selama ini dikeluhkan mulai dapat diatasi.

Diktakan Bupati Ada 4 bus yang  disediakan dalam launching . I”ni masih uji coba, Pemerintah Daerah melalui Dinas Perhubungan masih terus melakukan review mencari cara yang paling efektif untuk bisa melayani,” ujarnya

Ditambahkan Pemerintah Kabupaten Dairi ingin melayani lebih banyak anak-anak pelajar yang mengalami kendala serupa . Namun karena ini masih bersifat uji coba terbatas maka Pemerintah Kabupaten Dairi akan memaksimalkan cara-cara yang efektif untuk melakukan pelayanan. “Uji coba ini akan kita lakukan dalam waktu 2-3 bulan” pungkasnya (Hen)