Peristiwa

Lantik 8 Kepala Daerah, Gubsu : Olahragalah Klian

Gubsu Lantik 8 Kepala Daerah

Medan- Dairi Pers : Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi,  melantik 8 paslon kepala daerah Senin (26/4). Gubsu menyindir kondisi dan kebugaran delapan kepala daerahsebab  kepala daerah itu mayoritas memiliki fisik yang gempal.

“Kesehatan itu perlu. Saya melihat, bapak-bapak bupati, wali kota, berputar dari sini ke sini, itu sulit sekali. Bagaimana nanti kalau bapak-bapak sekalian dan ibu, harus melihat sawah yang tersumbat airnya,” kata Edy.

Edy meminta delapan kepala daerah tersebut untuk rajin berolahraga. “Olahragalah kalian, ajak Komandan Distrik Militer (Dandim), Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri, sehingga bisa dengan sempurna menjalankan tugas. Kita ini sebagai kepala daerah tugasnya selalu mengontrol, dan melihat. Kita harus turun ke lapangan untuk memastikan itu,” ujar Edy.

Bukan hanya itu, Edy juga meminta agar delapan kepala daerah itu mampu menciptakan ketenangan di daerah masing-masing usai Pilkada 2020 yang lalu. “Demokrasi sudah kita lewati. Tak ada lagi blok sana blok sini, pastikan itu,” ucapnya.

Mereka yang dilantik  terdiri dari Wakil Wali Kota Binjai, Amir Hamzah (Wali Kota Binjai terpilih Juliadi meninggal dunia sebelum dilantik), Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua dan Sowa’a Laoli, Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Radiapoh H Sinaga dan Zonni Waldy, Bupati dan Wakil Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom dan Martua Sitanggang.

Kemudian, Bupati dan Wakil Bupati Karo, Cory Sebayang dan Theopilus Ginting, Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu dan Yusman Zega, Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha dan Firman Giawa, serta Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu dan Era Era Hia.

Sementara itu sudah  19 kepala daerah di Sumut telah dilantik usai dinyatakan menang dalam Pilkada 2020. Sebelumnya, Edy telah melantik 11 kepala daerah pada 26 Februari lalu. Di Sumut sendiri ada 23 daerah yang melaksanakan di Pilkada 2020.

Wali Kota Pematang Siantar terpilih Asner Silalahi meninggal Desember 2020 lalu, hanya Susanti Dewayani yang dilantik. Wakil Wali Kota Pematang Siantar terpilih Susanti Dewayani setelah dilantik nantinya akan menjadi pelaksana tugas wali kota. Kemudian akan diproses menjadi wali kota definitif.

Namun, tiga daerah lainnya masih menunggu hasil pemilihan suara ulang yakni Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan Mandailing Natal. (Hen)