Peristiwa

Lagi Laka Lantas di Lae Pondom

Mobil naas saat di evakuasi

Sidikalang- Dairi Pers : Laka lantas kembali terjadi di jalur Sidikalang medan tepatnya di kawasan hutan lae pondom. Laka lantas kalai ini melibatkan minibus Panther dan Mobil pickup L 300. Sopir luka berat dan harus dilarikan ke Rumah sakit di Tanah karo.

Kasat Lantas Polres Dairi, AKP Pittor Gultom melalui Kasubag Humas, Ipda Doni Saleh Jumat (19/7) menerangkan kecelakaan terjadi ketika mobil Mitsubishi Pick Up L300, Nomor polisi BK 8948 XS dikemudikan Darius Gurusinga warga berastagi kabupaten Karo.. Didalam mobil pick up ini sopir bersama dua penumpang  Burman Okta Sibarani dan Rosidawati Sihaloho juga warga berastagi . Mobil ini diperkirakan berjalan dengan kecepatan tinggi menuju sumbul.

Diperkirakan pengemudi kurang memperhatikan kondisi jalan dan mobil memasuki batas lebih ke kanan melebihi batas garis pembatas bahu jalan.

Berada di jalan hutan lae pondom dengan posisi jalan lurus dan menurun dari arah berlawanan muncul mobil minibus Isuzu Panther BK 678 ED yang dikemudikan, Ahmad Junaedi warga Sidomulyo Deliserdang. Mobil panther ini dengan arah berlawanan dari Sumbul menuju Medan.

Diperkirakan dengan kecepatan tinggi akhirnya dua mobil ini bertabarakan di jalan lurus kawasan lae pondom yang mengakibatkan mobil terpental usai saling bertubrukan. Kedua kepala mobil bagian kanan ringsek dan membentang di jalan.

Untuk beberapa saat jalanan sempat macet sebelum sat lantas polres Dairi tiba di TKP. Akibat kecelakaan itu pengemudi Mobil Mitsubishi L 300, Darius Gurusinga  (45) menderita luka berat sedang  penumpangnya, Burman Oktonius Sibarani dan Rosidawati Sihaloho hanya  mengalami luka ringan . Sementara pengemudi minibus Isuzu Panter,  Ahmad Junaedi diketahui juga tidak mengalami luka cukup serius.

Jalur Bahaya

Jalan lintas kawasan hutan lae pondom Dairi menjadi jalan berbahaya yang  kerap terjadi kecelakaan lalu lintas. Seminggu sebelumnya di kawasan itu juga terjadi tabarakan beruntun melibatkan dua bus pengangkut rombongan berpesat dan mobil truk.

Kondisi jalan di lae pondom umumnya lurus namun kontur bahu jalan bergelombang yang didiuga kerap mengakibatkan pengemudi yang memacu kenderaannya kencang sering terjebak dengan kesulitan dalam mengendalikan mobil saat terkena jalan bergelombang.

 Jalan raya di tengah hutan juga berdampak dasar jalan tidak stabil yang berpengaruh pada bahu jalan beraspal diatasnya. Belum lagi dengan kondisi hujan maka jalan semakin licin dan sangat berbahaya bagi pengendara dengan kecepatan tinggi.

Dibeberapa jalur jalan juga terlihat masih cukup sempit pahal jalur ini menjaid langganan mobil pengangkut CPO dari Aceh menuju Medan. (Hen)