Lokal

Kunjungi SMKN 1 Sidikalang Bupati Dairi : Tefa Smart Cikal Bakal e-commercenya Dairi

Disela sela Kunjungan Bupati Dairi ajak siswa SMKN 1 Sdk Berswafoto

Sidikalang- Dairi Pers : Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu kunjungi ke SMK Negeri 1 Sidikalang  Selasa (5/11) . Disekolah yang dinakhodai Paulus Pandiangan Saing, M.Pd ini Bupati menyaksikan karya anak SMKN 1. Tefa Smart ini akan menjadi cikal bakal e-commercenya Kabupaten Dairi dan yang terpenting di mulai dari sekolah sebagai sumber ilmu pengetahuan dimana anak-anak yang di bina oleh guru yang memulai gerakan ini dan akan menyebarkannya ke seluruh masyarakat Dairi.

Demikian disampaikannya di depan semua siswa SMKN 1 Sidikalang. Bupati memberikan motivasi kepada siswa dan mengajak mereka berswafoto. Dalam motivasinya Bupati menyampaikan “Kita akan masuk ke era baru di mana berdagang akan melalui internet. Hasil karya anak-anak ini nantinya akan bisa di tampilkan di seluruh dunia melalui internet, inilah yang sekarang dilakukan,” jelasnya

Bupati berharap  Dairi akan memanfaatkan teknologi digital  mulai dari sekolah karena di sekolah mulai di bentuk karakter bagi para pelajar untuk menjadi pemrakarsa peningkatan perekonomian di masa yang akan datang. Digital ini akan menjadi leading sektornya.

“Kita mendukung SMK Negeri 1 Sidikalang  berinisiatif yang di dukung oleh Provinsi untuk melakukan semua ini kepada anak-anak di sekolah ini. Saya melihat anak-anak sangat bersemangat dan melihat masa depan Kabupaten Dairi begitu cerah dengan melihat semangat anak-anak ini,” sebutnya yang disambut tepuk tangan siswa.

            Terkait dengan hasil karya yang ditampilkan  Bupati  sangat mengapresiasi karena jelas terlihat adanya suatu ketekunan yang menjadi dasar yang penting dimana anak-anak imenunjukkan kualitasnya dengan harapan hasil karyanya suatu saat nanti akan ada yang membeli.

Pemerintah Kabupaten Dairi bersama  para orang tua dari pelajar harus salig bekerjasama untuk membina para pelajar lebih lanjut dengan menggunakan bahan-bahan materi lokal untuk membuat karya. “Di balik karya anak-anak itu ada ketekunan mereka, ketekunan para guru untuk mendampingi mereka sehingga mampu menghasilkan karya yang luar biasa.

Bupati  menyampaikan rasa bangga karena mereka terbuka dan siap untuk menyambut masa depan. Kepada pelajar disampaikan  jangan membuang waktu yang gemilang di usia yang muda untu mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya, jauhi narkoba serta menjaga lingkungan dengan baik.

Usai memberikan arahan kepada para pelajar, Bupati Dairi meninjau lokasi Teaching Factory (Tefa) Smart E-Commerce yang berada di lokasi sekolah tersebut. Di Tefa Smart, Bupati Dairi menyaksikan beberapa hasil karya dari para pelajar SMK Negeri 1 Sidikalang diantaranya produk Kopi yang di buat oleh SMK Negeri 1 Sidikalang.

Tefa Smart E-Commerce di dirikan di SMK Negeri 1 Sidikalang merupakan program dari Direktorat Pembinaan SMK di Jakarta yang di mulai dari perencanaan, sinkronisasi kurikulum sampai dengan pelaksanaan kegiatan terbentuknya Tefa Smart E-Commerce di SMK Negeri 1 Sidikalang. (Ipen)