Lokal

Kunjungi Gunung Sitember, Bupati Dairi Ingatkan Kades Gunakan DD Dengan Benar

Rombongan Bupati Dairi DR Eddy Berutu saat berada di jemabtan Rante Besi

Sidikalang- Dairi Pers : Kunjungan kerja Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu Rabu (12/2) ke kecamatan Gunung Sitember berlangsung meriah. Sebanyak 7 agenda kegiatan dilakukan Bupati yang juga didampingi ketua TP PKK Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu. Kunjungan ini juga diikuti Plt Kadis Pendidikan Dairi Besli Pane, Kadis Kominfo Dairi Rahmtsyah Munte, Kadishub Datulam Padang, Kasatpol PP Eddy Banurea, Plt Kdis Pertanian Bintoha Angkat, kabid Binamarga Anggara Sinurat bersama rombongan lainnya.

Dalam kunjungan pertama Bupati meninjau proyek jembatan Desa Rantai Besi  bernilai Rp. 350 juta yang pengerjaannya sudah rampung Desember 2019. Bersama Camat Gunung Sitember Jonathan Ginting Bupati memeriksa sejumlah sisi jembatan yang baru selesai.

Kita senang dengan selesainya jembatan ini sebagai fasilitas yang sangat dibutuhkan rakyat dalam transportasi khususnya pengangkutan hasil panen masyarakat. Perlunya menjaga kualitas bangunan pemerintah sehingga usia kegunaan fasilitas umum bisa lebih lama dirasakan masyarakat,. Jembatan ini sangat penting dalam perekonomian masyarakat desa Rante besi maka semua diharapkan ikut menjaganya, sebut Bupati.

Bupati Eddy Berutu menyebutkan desa yang mendapat Dana dedsa harus dikerjakan sesuai aturan dan mengacu pada Rencana pembangunan Desa. “ Kami mengingatkan kepala desa untuk tidak main main dalam penggunaan dana desa karena merupakan hak  masyarakat desa.  Dana desa harus mengacu pada skala prioritas sesuai dengan rapat rencana pembangunan desa. Kita tidak ingin satupun kepala desa di Dairi tersangkut hukum karena masalah dana desa” sebut Bupati.

PAUD

Sementara itu kunjungan  Rombongan  Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama Bunda PAUD Kabupaten Dairi Ny. Romi Mariani Eddy Berutu  ke PAUD St. Petrus dan PAUD Kasih Mama GBKP Desa Rantai Besi disambut para turor dan siswa PAUD. Bupati dan Bunda Paud Dairi Ny Romy Mariani membangikan buku kepada siswa PAUD

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang meminta masukan dan kendala yang dihadapi PAUD mendapat masukan dari tutor dan pengelola PAUD.  Bupati mengintruksikan kepada Kadis Pendidikan agar mengeluarkan ijin berdirinya PAUD , dan meminta Camat agar memberikan anggaran pendidikan bagi tutor PAUD. “Ijin PAUD harus cepat diselesaikan, serta sarana belajar agar segera dilengkapi”,  Jelasnya.

Bunda PAUD Dairi Ny Romy Mariani menyebutkan PAUD sebagai jenjang paling mendasar dalam pendidikan anak juga merupakan perhatian Pemkab Dairi yang tidak kalah dnengan jenjang lainnya.  Untuk Itu Ny Romy mengingatkan  tutor paud dalam kegiatan belajar mengajar harus sesuai dengan kurikulum . Pihaknya meminta para tutor harus mengikuti bimbingan untuk mengembangkan metode pengajaran yang akan diberikan bagi anak anak PAUD. “ Kita inginkan semua PAUD terakreditasi sehingga  bisa menjadi acuan dalam pembelajaran di tingkat PAUD,  Bagaimana juga belajar dan bermain di tingkat PAUD menjadi langkah paling awal anak mengenal dunia pendidikan. Tentunya disamping guru peran orang tua snagat penting dalan pembentukan karakter dan kecerdasan anak, Jelasnya. (Hen)