Hukum

KPK Telusuri Live Streaming Covid-19 Sumut Rp. 1,1 Miliar

Logo

Medan- Dairi Pers : Kebijakan pemprovsu menganggarkan Rp. 1,12 Miliar untuk dana live streaming mengenai perkembangan wabah virus Corona atau Covid-19 di sumut akhirnya ditelusuri KPK (Komisi Pemberantasa Korupsi). Pemprovasu diketahui sebagai satu satunya pemerintah daerah di Indonesia yang memanfatkan jaringan jasa pihak ketiga untuk menyiarkan secara langsung  perkembangan Covid-19 di Sumut melalui Youtube.

Menurut KPK, pemakaian pihak ketiga ini baru terjadi di Sumut. Jasa pihak ketiga ini dianggap dapat menguras anggaran, di mana seharusnya pemerintah melakukan penghematan malah jadi boros.

“Baru tahu aku, live streaming pakai pihak ketiga,” kata Azril Zah, tim Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan (Korsupgah) Sumut

Azril Zah mengatakan, melihat adanya sistem pemakaian jasa pihak ketiga dalam menyalurkan informasi kepada masyarakat, komisi antirasuah itu pun akan melakukan penelusuran. Ia berharap tidak ada segelintir orang yang memanfaatkan situasi saat ini untuk kepentingan pribadi.

Sebab, segala bentuk apapun yang menyangkut memperkaya diri dalam kesempatan darurat Covid-19 atau bencana nonalam ini, akan dikenakan hukuman mati.

Azril mengatakan, seharusnya live streaming ini dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang bertanggungjawab, yaitu melibatkan seluruh petugasnya. “Harusnya orang Diskominfo aja. Tapi ndak pake orang luar lagi,” jelasnnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara, Irman mengaku tidak akan lagi memakai pihak ketiga dalam menyiarkan informasi kepada masyarakat mengenai perkembangan wabah virus Corona atau Covid-19.

Pihaknya juga  mengakui kalau live streaming yang dilakukan tersebut memakai pihak ketiga, dan terkesan mengeluarkan anggaran yang besar.


“Kita tidak lagi akan memakai pihak ke tiga,” kata dia. Diketahui, anggaran yang dikelola untuk melakukan siaran langsung ini mencapai Rp 1,12 miliar. Siaran langsung ini dapat dilihat dari akun YouTube Humas Pemprov Sumut, setiap sorenya. ( Hen)