Lokal

Kopi Dairi Bisa Mendunia Atas Dukungan Semua Pihak

Kopi asli Dairi menjadi andalan disejumlah cafe di Sidikalang

Sidikalang- Dairi Pers : Kopi Dairi yang pada masanya di era tahun 70an  dan era 80 an dikenal dengan nama kopi Sidikalang  kembali tengah naik daun. Tren ini menjadi bahasan dan menjadi harapan banyak pihak.  Dibutuhkan waktu untuk mengembalikan kopi sidikalang menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Karena produk legend Dairi ini tidak segampang membalik tangan. Campur tangan pemerintah mutlak diperlukan dan itu yang sudah dimulai pemkab Dairi melalui sejumlah event seperti festival kopi di lokal, festival kopi Dairi di Jakarfta dan belum lama ini memperkenalkan kopi Dairi di Belgia oleh PKK dan dinas Perindagkop.

Ketua Wamada (Wajah Masyarakat Dairi) Togar Togatorop menyebutkan semua pihak berkeinginan secepatnya kopi sidikalang menjadi tuan rumah di negeri sendiri sehingga otomatis mengangkat kesejahteraan petani. Tuan rumah dimaksud petani kopi mendapat nilai tambah penghasilan dengan kenaikan harga yang membaik . Pemkab mendapat PAD  dan investor berminat dan berkeinginan berinvest di Dairi.

Namun dikatakan Togar mengujudkan itu tidak semudah membalik tangan. Diperlukan waktu dan dukungan semua pihak mulai dari petani, perindagkop, dan tokoh perantau Dairi yang memiliki jaringan dalam dan luar negeri. “ kita melihat arah itu sudah dilakukan pemkab Dairi melalui indikasi geografis sebagai hak paten kopi Dairi belum lama ini. Kita juga harus positif menilai dengan menjamurnya  cafe yang muncul di Dairi otomatis juga akan menyeret produksi kopi masyarakat digunakan. Kita yakin ke depan pemkab Dairi akan mengelola produk unggulan itu sebagai ikon Dairi berupa oleh oleh yang diproduksi langsung masyarakat dan pengusaha lokal” jelasnya.

Disebutkan Togar langkah pemkab Dairi mulai dari membagikan bibit kopi, pameran dan festival kopi bagian dari keseriusan mengembalikan kejayaan kopi Dairi. Kita yakin dengan pondasi yang telah dimulai maka ke depannya disamping oleh oleh produk lain juga bisa diciptakan seperti permen kopi. Kuliner kue bercampur kopi dan lainnya, jelas Togar

Namun Togar juga menyarankan Pemkab Dairi harus ikut dalam pembinaan terutama pengusaha kecil dan menengah (UKM) sehingga ide, kreatifitas masyarakat dalam menciptakan kuliner bercampur kopi  atau berbahan dasar kopi bisa muncul, jelasnya.

Memperkenalkan kopi investor kepada dunia luar, juga bagian dari mempromosikan kopi Dairi.

Disamping mempromosikan kopi pengusaha lokal, Pemkab Dairi juga kita himbau ikut mempromosikan produk investor di Dairi. Agar calon investor lainnya semakin termotivasi untuk menanamkan modalnya di Dairi.

Kita butuh investor dibidang pertanian ,agar tenaga kerja juga terserap. Contohnya PT Wahana. Dengan beroperasinya PT Wahana, ratusan tenaga kerja tersedot.

Seandainya ada sekitar 5 lagi investor sejenis itu beroperasi di Dairi, maka kita pastikan ribuan tenaga kerja akan mendapatkan pekerjaan, tambahnya

Sementara itu mantan Kepala Dinas Peridagkop Dairi Rahmatsyah  Munthe menyebutkan sambutan para undangan saat melakukan pameran di Jakarta dan Belgia sangat tinggi. “ Kita yakin ke depan produk kopi Dairi akan terpromosikan mengingat tren dunia dan nasional akan kebutuhan kopi. Tentunya masukan semua pihak akan mempercepat terwujudnya kopi Dairi kembali populer” jelasnya.

Dari sudut investasi, menurut kami Perusahaan perusahaan yang hadir di Dairi  telah berkontribusi dalam hal penyerapan tenaga kerja dan pembelian kopi, disamping itu mereka melakukan pembinaan tata cata pengelolaan pertanian kopi dari hulu sampai hilir. Kita tidak bisa berharap banyak untuk mendapat PAD, karena retribusi hasil pertanian sudah dihapuskan, jelasnya

Sementara itu PLT Kepala Dinas Pertanian Dairi Bintoha Angkat menyebutkan pemkab Dairi telah membagikan bibit kopi untuk dibudidayakan masyarakat. Berikutnya tentu harus dilanjutkan dengan mengelola  dsecara terpadu bersama instansi terkait seperti perindustirannya, perdagangannya berikut permodalan petani melalui koperasi. Sejumlah varitas kopi tentunya terus diteliti untuk mendapatkan varitas terbaik yang menjadi andalan dan ciri khas kopi Dairi. Khususnya mengembalikan kopi asli Sidikalang yang pernah terkenal itu” Pungkasnya  (Hen)