Kriminal

Kisah “Anak Medan Hassur Demi Kawan” Terjadi di Dairi

Kiri korban IVan dengan luka tusuk di pinggang sedang kanan tersangka mata tertutup SS (47)

Sidikalang- Dairi Pers : Bagi orang batak lagu anak Medan hassur demi kawan bukan lagu baru lagi. Kisah dalam lirik lagu itu persis sama dengan kejadian penikaman yang terjadi di Desa Sungai Raya, Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi sabtu (21/12) tengah malam. Bedanya lagu itu dengan kisah penikaman itu hanya lokasi. Lagu menceritakan anak rantau disini menceritakan “dongan sahuta”.

Ivan Situmorang (22) warga yang sama ditikam SS (47) dengan pisau dapur karena terlibat pertengkaran tidak  seimbang satu lawan delapan orang.

Kapolres Dairi melalui Humas polres  Doni Saleh menyebutkan kronologi kejadian malam naas itu korban Ivan situmorang bersama  teman temannya Belson Pangaribuan, Dandy Prayoga Indo, Sagala, Giat Sitorus, Elisa Sitorus, Tipen Hasibuan dan Dani Manalu. Mendatangi warung tuak milik  Liston Situmorang di desa sungai raya, kecamatan siempat Nempu hulu.

Delapan orang ini memesan dua teko tuak. Hingga seorang bernama Beslon Pangaribuan mulai reseh dengan mulai berbuat onar. Menyenggol kesana kemari hingga beberapa barang di warung jatuh. Reseh juga membuat beberapa pengunjung lainnya di warung tuak terganggu.

Beslon Pangaribuan membuat gaduh  mulai dari berbicara dengan suara keras, membentak-bentak, memukul-mukul meja, hingga menyenggol benda-benda di dalam pakter hingga jatuh dan rusak.

Melihat kondisi itu pemilik warung Liston Situmorang  mengingatkan beslon. Namun justru terjadi pertengkaran. Liston pemilik warung menghubungi temannya SS (47) memberi tahu yang terjadi diwarungnnya melalui ponsel.

Tak lama kemudian SS datang dan mengingatkan ke delapan pelanggan warung untuk tidak berbuat onar. Namun bukannya didengar justru terjadi pertengakaran hebat. SS dihajar 8 orang yang diduga sudah mabuk di warung tersebut.

Atas pertarungan  yang tidak seimbang itu SS akhirnya mengambil pisau dapur yang terlihat di warung tersebut. Tidak lama kemudian  Ivan Situmorang tersungkur dengan darah muncrat di pinggang sebelah kirinya. Melihat kondisi temannya terkapar 7 teman lainnya bukan malah menolong namun kabur menyelamatkan diri meninggal kan Ivan Situmorang sendiri.

Selanjutnya aparat polisi menuju TKP dan mengamankan tersangka SS sementara korban dievakuasi ke rumah sakit. Beruntung pria yang ditikam ini tidak meregang nyawa.

SS Yang ditangkap polisi langsung mengakui perbuatannya tanpa berbelit. Dirinya menyebut terpaksa menikam karena membela diri atas pertarungan yang tidak seimbang.

Sementara itu dari narasumber menyebutkan kalau Liston dan korban Ivan Situmorang diduga kuat terlibat masalah tanah sebelumnya. SS juga tidak ada hubungannya dengan masalah itu. Namun karena membela kawan terpaksa harus mendekam di tahanan polres Dairi. Nasib SS persis lagu anak Medan hassur demi kawan… (Hen)